Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penulisan Laporan Hasil Penelitian Sosial: Rumusan Simpulan dan Saran

KOMPAS.com – Salah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan dalam penulisan laporan hasil penelitian adalah adanya penulisan kesimpulan dan saran.

Kesimpulan dalam penelitian bukanlah suatu karangan atau pembicaraan-pembicaraan yang berasal dari luar penelitian.

Akan tetapi, kesimpulan berasal dari proses yang dilakukan pada bab awal hingga bab analisis dan pembahasan dalam suatu penelitian.

Artinya, kesimpulan adalah intisari dari bab-bab sebelumnya atau instisari dari hasil analisis dan pembahasan. Kesimpulan biasanya ditarik berdasarkan data yang sudah dianalisis.

Dilansir dari buku Metodologi Penelitian Sosial (2019) karya Ismail Nurdin dan Sri Hartati, dijelaskan bahwa ketika menarik kesimpulan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Berisi jawaban dari tujuan penelitian atau pembuktian hipotesis.
  • Jumlahnya harus sesuai dengan tujuan penelitian.
  • Sebaiknya menggunakan kalimat singkat, jelas, dan padat agar mudah dipahami oleh pembaca.
  • Kesimpulan disampaikan dalam bentuk pernyataan yang ketat dan padat sehingga tidak menimbulkan interpretasi lain.
  • Informasi yang ditampilkan dalam kesimpulan dapat berupa pendapat baru, koreksi atas pendapat lama, pengukuhan pendapat lama atau menumbangkan pendapat lama.

Cara penarikan kesimpulan

Cara penarikan kesimpulan dalam penelitian dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Cara non statistik

Penarikan kesimpulan dengan cara non statistik dapat dilakukan dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Penarikan kesimpulan dengan cara non statistik dalam penelitian kualitatif dilakukan dengan membandingkan suatu standar atau kriteria yang telah dibuat oleh peneliti.

Sedangkan penarikan kesimpulan dengan cara non statistik dalam penelitian kuantitatif dilakukan dengan mencari proporsi, presentase, dan rasio.

  • Cara statistik

Penarikan kesimpulan secara statistik hanya bisa dilakukan pada penelitian kuantitatif, yaitu dengan cara mengolah data menggunakan teknik statistik.

Penulisan saran

Dalam buku Penelitian Sosial (2018) karya Ririn Windharti, saran adalah sesuatu yang diberikan kepada pembaca yang didasarkan atas hasil temuan dalam penelitian. Berarti, saran bukanlah pendapat pribadi peneliti.

Saran yang diajukan hendaknya bersifat konstruktif. Saran yang konstruktif setidaknya memiliki beberapa persyaratan, sebagai berikut:

https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/05/174129769/penulisan-laporan-hasil-penelitian-sosial-rumusan-simpulan-dan-saran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke