Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Grafik Fungsi Trigonometri

KOMPAS.com - Menurut kalian bagaimana konsep trigonometri jika dipandang sebagai suatu fungsi? Dapatkah kalian menggambarkan grafik trigonometri pada sinus, cosinus, dan tangen?

Pada pembahasan ini kita akan mempelajari fungsi trigonometri pada sinus, cosinus, dan tangen.

Dilansir dari Top Shelf: Trigonometry (2003) oleh Joseph Caruso dan Bryan Sullivan, karakteristik periodik dari enam fungsi trigonometri dapat ditunjukkan dengan sangat efektif dalam sistem koordinat kartesius.

Dengan membuat grafik atau sketsa tanpa bantuan kalkulator, kita dapat mengacu pada sudut istimewa yang telah diketahui nilainya, yaitu sudut 0, 30, 45, 60, dan 90.

Grafik Fungsi Sinus

Fungsi sinus dinyatakan dengan f(x) = sinx. Grafik tersebut ditentukan dengan memasukkan ukuran besar sudut yang mengacu pada sudut istimewa.

Grafik Fungsi Cosinus

Fungsi cosinus dinyatakan dengan f(x) = cosx. Grafik tersebut ditentukan dengan memasukkan ukuran besar sudut yang mengacu pada sudut istimewa.

Grafik Fungsi Tangen

Fungsi tangen dinyatakan dengan f(x) = tanx. Grafik tersebut ditentukan dengan memasukkan ukuran besar sudut yang mengacu pada sudut istimewa.

Khusus pada grafik tangen, terdapat kurva yang patah untuk sudut 90° dan kelipatannya. Hal ini dikarenakan pada besar sudut tersebut tangen menyatakan nilai yang Tidak Derdefinisi (TD), sehingga pada grafik tidak terdapat kurva yang melintasi sudut tersebut.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/28/162443069/cara-membuat-grafik-fungsi-trigonometri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke