Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Laju Reaksi

Perubahan ini dipengaruhi beberapa faktor seperti konsentrasi zat pereaksi, luas permukaan molekul zat pereaksi, suhu reaksi, dan katalisator. Berikut penjelasan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi:

  • Konsentrasi

Konsentrasi yang memengaruhi laju reaksi adalah jumlah mol dalam satu liter pelarut. Satuan konsentrasi yang digunakan adalah molaritas.

Semakin besar molaritas suatu reaktan, maka akan semakin cepat laju reaksinya berlangsung. Semakin tinggi molaritasnya berarti semakin padat dan banyak molekul yang terkandung.

Molekul tersebut bergerak dan bertabrakan terus-menerus sehingga reaksi akan berlangsung semakin cepat.

Konsentrasi juga memengaruhi laju reaksi dalam bentuk tingkat reaksi atau orde reaksi. Semakin tinggi orde reaksinya, maka akan semakin cepat reaksi tersebut berlangsung.

Jika orde reaksinya nol berarti konsentrasi zat tidak memengaruhi laju reaksi.

  • Luas Permukaan

Luas permukaan molekul ataupun partikel reaktan sangat memengaruhi kecepatan reaksi. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, bila kedua reaktan memiliki permukaan partikel yang luas, gesekan antarpartikel yang bergerak akan lebih sering terjadi.

Hal ini akan menyebabkan reaksi berlangsung menjadi lebih cepat. Reaktan padat yang berbentuk serbuk lebih mudah bereaksi dibandingkan dengan reaktan padat yang berbentuk batangan.

Contohnya adalah sebongkah kayu yang dipotong-potong kecil akan lebih cepat terbakar. Namun jika sebongkah kayu tersebut langsung dibakar tanpa dipotong, kayu akan terbakar lebih lama.

  • Suhu

Suhu saat reaksi berlangsung memengaruhi seberapa cepat reaksi berlangsung. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, semakin besar suhu reaksi, maka akan semakin cepat laju reaksinya.

Kenaikan suhu menyebabkan meningkatnya energi kinetik dan membuat partikel akan bergerak lebih cepat. Hal ini menaikan laju reaksi kimia.

  • Katalisator

Katalisator adalah zat selain reaktan yang ditambahkan pada suatu reaksi kimia. Katalisator adalah zat kimia yang dapat mempercepat laju reaksi tanpa terpakai dalam reaksi tersebut.

Jika katalis ditambkan pada reaktan, kedua zat tersebut bereaksi membentuk zat yang sangat mudah bereaksi dengan zat reaktan yang lain. Inilah mengapa katalisator dapat mempercepat suatu reaksi kimia.

Katalisator dibedakan menjadi dua, yaitu katalisator homogen dan heterogen. Katalisator homogen adalah katalis yang memiliki fasa sama dengan reaktannya. Jika reaktan memiliki fasa cair, maka katalisatornya juga berfasa cair.

Adapun katalisator heterogen adalah katalisator yang fasanya berbeda dengan reaktan. Jika reaktan memiliki fasa gas, maka katalisatornya memiliki fasa padat.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/14/165119269/faktor-faktor-yang-memengaruhi-laju-reaksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke