Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Definisi Sistem dan Lingkungan dalam Termokimia serta Jenisnya

KOMPAS.com - Kamu pasti sudah sering mendengar sistem dan lingkungan, tapi apakah sebenarnya sistem dan lingkungan tersebut? Sebelumnya, mari kita pelajari dulu apa itu termodinamika.

Dikutip dari Fisika untuk Sains dan Teknik (1998) karya Paul Tipler, termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang suhu, panas, dan pertukaran energi

Termodinamika mempelajari tentang perubahan energi dari suatu reaksi panas yang berkaitan dengan usaha dan panas yang diperlukan untuk melakukan suatu reaksi dan perubahan panas serta usaha tersebut selama reaksi berlangsung hingga berakhir.

Sistem dan Lingkungan

Dalam ilmu termodinamika, sistem dan lingkungan adalah salah satu hal yang harus dipahami. Sistem adalah tempat berlangsungnya reaksi termodinamika, sedangkan lingkungan adalah segala sesuatu di luar sistem.

Misalkan kamu sedang memanaskan makanan dalam microwave. Makanan, panas, dan segala sesuatu yang ada dalam microwave adalah sistem yaitu tempat berlangsungnya reaksi termokimia.

Adapun meja tempat microwave diletakan, dapur, bahkan dirimu sendiri adalah lingkungan luar sistem tersebut.

  • Sistem terisolasi

Sistem terisolasi yaitu sistem yang sangat tertutup rapat dan terpisah dari lingkungannya. Sistem terisolasi tidak memungkinkan adanya pertukaran materi ataupun kalor dari sistem ke lingkungan ataupun sebaliknya, dari lingkungan ke sistem.

Salah satu contoh sistem terisolasi adalah termos air panas. Termos air yang tertutup tidak memungkinkan air dan kalor keluar, sehingga air akan tetap panas.

  • Sistem tertutup

Sistem tertutup adalah sistem yang tidak memungkinkan pertukaran materi, namun memungkinkan pertukaran panas atau kalor dengan lingkungannya.

Salah satu contohnya adalah jika kamu mengisi botol minum dengan air hangat. Awalnya air tersebut terasa hangat, setelah beberapa jam botol terebut tidak terasa hangat lagi dan airnya berubah menjadi dingin. Inilah yang dikatakan dengan pertukaran kalor.

Kalor atau panas dari air di dalam botol mengalir keluar, berpindah ke lingkungan sekitarnya dan perlahan-lahan kembali pada suhu normal lingkungannya.

  • Sistem terbuka

Sistem terbuka adalah sistem yang memungkinkan adanya pertukaran materi dan juga panas antara sistem dan lingkungan. Salah satu contohnya adalah api unggun.

Kamu dan teman-temanmu berkemah, saat malam karena merasa dingin, kalian membuat api unggun. Setelah api unggun menyala, badan kalian bisa merasakan kehangatannya. Inilah yang disebut dengan perpindahan kalor dari api ke badan kalian.

Namun, jangan duduk terlalu dekat dengan api atau kamu akan terkena percikannya yang panas.

Hal inilah yang disebut pertukaran materi, api dari sistem dapat berpindah keluar lingkungannya dan menyebabkan sekitarnya terbakar juga.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/06/231558969/definisi-sistem-dan-lingkungan-dalam-termokimia-serta-jenisnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke