Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunci Jawaban Soal Membaca itu Asyik! Belajar dari Rumah TVRI SMP 13 Mei

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 13 Mei 2020 membahas Membaca itu Asyik! bagi siswa SMP dan sederajat.

Dalam tayangan tersebut tersebut terdapat tiga pertanyaan. Berikut ini soal dan jawabannya:

Soal: Dari kisah Mohammad Hatta, apa manfaat membaca buku yang masih relevan dengan kehidupanmu saat ini?

Jawaban:

Banyak sekali manfaat membaca buku yang bisa diambil. Terlebih yang sesuai dengan kehidupan saat ini, berikut di antranya:

Soal: Berikan pendapatmu bagaimana meningkatkan kegemaran membaca buku di tengah banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk sekedar bermain media sosial dalam gawai!

Jawaban:

Untuk meningkatkan kegemaran membaca dapat dilakukan beberapa hal, seperti:

  • Biasakan diri

Mau membiasakan diri dalam meluangkan waktu untuk membaca. Kebisaan harus dimulai dari yang kecil, seperti membaca beberapa lembar buku dalam sehari.

Selain itu, memilih buku yang isinya sesuai dengan dirinsendiri. Sehingga, akan ada ketertarikan untuk menyelesaikan membaca sebuah buku.

  • Meluangkan waktu untuk ke toko buku

Luangkan waktu untuk pergi ke toko buku. Sekedar berjalan-jalan sembari melihat beberapa koleksi buki pada sebuah toko buku.

Dengan sering meluangkan waktu ke toko buku, akan menarik perhatian diri sendiri untuk membaca salah satu buku yang menarik.

  • Menonaktifkan media sosial

Sebaiknya menonaktifkan media sosial untuk sementara waktu. Dengan begitu, membaca akan menjadi kebiasaan, dibandingkan bermain di media sosial.

Soal: Apa dampak negatif jika banyak generasi muda Indonesia yang tidak suka membaca buku?

Jawaban:

Dilnsir dari buku Generasi Emas (2019) karya Ahmad Rifa’i, berikut dampak negatif generasi muda yang malas membaca, yaitu:

https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/13/102331469/kunci-jawaban-soal-membaca-itu-asyik-belajar-dari-rumah-tvri-smp-13-mei

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke