Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Lembaga Sosial

KOMPAS.com - Istilah lembaga sosial dalam bahasa Inggris disebut social institution.

Lembaga sosial disebut juga lembaga kemasyarakatan atau pranata sosial.

Lembaga sosial didefinisikan sebagai kumpulan individu yang disatukan untuk mencapai tujuan bersama.

Tujuan umumnya termasuk memberikan hak dan hak istimewa kepada anggotanya.

Secara umum istilah institusi atau lembaga dapat memiliki banyak definisi yang berbeda, tergantung pada lensa pemahaman.

Namun yang pasti, lembaga menggambarkan sekelompok orang atau gagasan.

Pengertian lembaga sosial

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dijelaskan pengertian lembaga dan institusi.

Lembaga adalah badan (organisasi) yang tujuannya melakukan suatu penyelidikan keilmuan atau melakukan suatu usaha.

Lembaga juga berarti pola perilaku manusia yang mapan, terdiri atas interaksi sosial berstruktur dalam suatu kerangka nilai yang relevan.

Dalam KBBI, institusi adalah lembaga atau pranata.

Institusi juga berarti sesuatu yang dilembagakan oleh undang-undang, adat atau kebiasaan (seperti perkumpulan, paguyuban, organisasi sosial dan kebiasaan).

Berikut pengertian lembaga sosial menurut parah sosiolog dan ahli:

Robert Morrison MacIver dan Charles Hunt Page

Dalam Society: An Introductory Analysis (1962) karya MacIver dan Page, dijelaskan lembaga sosial adalah kondisi-kondisi atau bentuk-bentuk prosedur yang mapan, yang menjadi karakteristik bagi aktivitas kelompok.

Alvin Lee Bertrand

Alvin Lee Bertrand dalam Basic Sociology (1973) menerangkan lembaga sosial adalah sekumpulan norma-norma sosial (struktur-struktur sosial) yang diciptakan untuk melaksanakan fungsi masyarakat. 

William Graham Sumner

Dalam The Science of Society (1929), Sumner menerangkan, dari sudut kebudayaan, lembaga sosial adalah sebagai cita-cita, perbuatan, sikap dan perlengkapan-perlengkapan kebudayaan yang bersifat kekal, bertujuan memenuhi segala kebutuhan masyarakat.

Joseph S Roucek dan Roland L Warren

Dalam Sociology: An Introduction (1958), Roucek dan Warren menjelaskan lembaga sosial adalah bermacam pola yang memiliki kedudukan pasti atau tetap untuk mempersatukan beragam kebutuhan manusia yang timbul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapatkan persetujuan dengan cara-cara yang sudah tidak terelakkan lagi, untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.

JBAF Mayor Polak

Mayor Polak dalam Sosiologi: Pengantar Ringkas (1974) mengatakan lembaga sosial adalah suatu kompleks atau sistem berbagai peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai yang penting.

Leopold von Wiese dan Howard Becker

Dalam Systematic Sociology (1932), lembaga sosial adalah sebagai suatu jaringan proses-proses hubungan antarkelompok sosial dan antarmanusia yang berfungsi memelihara hubungan-hubungan itu serta pola-pola yang sesuai minat dan kepentingan manusia dan kelompoknya.

Claude S Fischer

Fischer dalam Historical Sociology and Sociological History: Theory and Practice (1995) menerangkan lembaga sosial adalah sistem hubungan-hubungan sosial yang mengandung nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam usaha memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Dalam Setangkai Bunga Sosiologi (1964), dijelaskan lembaga kemasyarakatan adalah semua norma-norma dari segala tingkat yang berkisar pada suatu keperluan pokok dalam kehidupan masyarakat.

Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto dalam Sosiologi: Suatu Pengantar (1990) menjelaskan lembaga kemasyarakatan adalah himpunan dari norma-norma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu pokok di dalam kehidupan masyarakat.

Koentjaraningrat

Dalam Pengantar Ilmu Antropologi (1979), Koentjaraningrat menjelaskan pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.

Paul B Horton dan Chester L Hunt

Horton dan Hunt dalam Sociology (1984) menjelaskan lembaga sosial adalah sistem norma sosial dan hubungan yang terorganisasi.

https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/16/180000669/pengertian-lembaga-sosial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke