Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2024, 16:44 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Mengonsumsi jus dianggap sebagai salah satu cara yang sehat dan praktis untuk menambahkan lebih banyak nutrisi bagi tubuh.

Meski demikian, sebaiknya, jus tidak menggantikan makanan utama dan hanya sebagai pelengkap pola makan yang bergizi serta seimbang.

Sayuran terbaik untuk dibuat jus

Berikut adalah beberapa sayuran yang paling baik untuk dibuat jus:

1. Kale

Kale merupakan sayuran silangan yang memiliki banyak mineral dan vitamin, antara lain kalsium, kalium, zat besi, vitamin C, vitamin A, dan vitamin K.

Kale juga mengandung beta-karoten yang memiliki sifat antioksidan. Artinya, kale dapat membantu melindungi dari kerusakan sel dan penyakit yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Baca juga: 3 Sayuran Sehat yang Tinggi Zat Besi

2. Wortel

Jus wortel kaya akan sejumlah nutrisi, termasuk, beta-karoten, niasin, biotin, asam pantotenat, vitamin E, dan vitamin K.

Wortel juga mengandung senyawa fenolik yang merupakan metabolit sekunder tumbuhan. Senyawa fenolik memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan anti penuaan.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang memberikan rasa lembut dan segar pada smoothie atau jus.

Bayam tinggi vitamin A dan C serta memberikan dosis antioksidan yang tinggi seperti quercetin, kaempferol, dan lutein. Bayam juga kaya akan nitrat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus bayam memiliki aktivitas antasida yang signifikan sehingga menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita asam lambung.

Baca juga: 7 Sayuran Akar Paling Sehat dan Manfaatnya untuk Tubuh

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran silangan yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan. Secara khusus, ini merupakan sumber mikronutrien utama yang sangat baik, seperti potasium dan vitamin A, B6, dan C.

Brokoli juga mengandung kaempferol, senyawa kuat yang telah terbukti menetralisir radikal bebas penyebab penyakit, mengurangi peradangan, dan mengurangi pertumbuhan sel kanker.

5. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga menjadikannya tambahan yang lezat untuk jus.

Mentimun termasuk sayuran rendah kalori namun tinggi potasium, mangan, vitamin K, dan vitamin C.

Menambahkan mentimun ke dalam makanan dapat membantu tubuh tetap terhidrasi, yang penting untuk kesehatan pencernaan, fungsi ginjal, pengelolaan berat badan, dan kinerja fisik.

Selain itu, penelitian tabung menunjukkan bahwa ekstrak mentimun dapat membantu mengurangi peradangan pada sel kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com