Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2022, 12:30 WIB
The Conversation,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Oleh: Vanessa Pirotta

PERTANYAAN yang bagus, Henry. Gigi kamu adalah bagian penting dari tubuhmu. Mereka membantu kamu untuk mengunyah makanan sehingga bisa makan dan tumbuh kuat. Tetapi jika kamu pernah berpikir untuk mengundang ikan paus untuk makan malam, pikirkan lagi!

Memang benar, beberapa paus tidak bergigi – tetapi tidak semuanya. Tahukah kamu bahwa hewan terbesar di dunia, paus biru, tidak memiliki gigi sama sekali? Paus tanpa gigi disebut paus balin. Selain paus biru, ada juga paus bungkuk, paus kanan, dan banyak lagi.

Beberapa jenis paus lain memang memiliki gigi. Ini termasuk paus sperma, paus beluga, dan narwhals (yang bentuknya seperti unicorn laut).

Kenapa paus balin tidak memiliki gigi?

Itu semua tergantung pada diet mereka dan bagaimana mereka menangkap makanan mereka. Tidak seperti kamu dan saya, paus tidak makan sayuran, yang perlu banyak mengunyah. Makanan mereka terutama terdiri dari ikan kecil, makhluk mirip udang yang disebut kril, dan makhluk kecil yang disebut plankton.

Baca juga: Morfologi dan Keunikan Paus Sperma

Kril hanya berukuran beberapa sentimeter, dan dapat ditemukan dalam gerombolan besar di lautan. Seekor paus biru bisa makan hingga 6.000 kilogram, atau kril sebesar ukuran bus dalam sehari.

Untungnya, sebagian besar paus balin memiliki mulut yang sangat lebar – selebar mobil. Cara terbaik untuk memakan hewan kecil ini sekaligus adalah dengan menyendoknya dalam satu suapan raksasa. Nyam!

Paus balin membuka mulutnya sangat lebar dan melebarkan tenggorokannya, yang memiliki jalur sampai ke perutnya.

Hal ini memungkinkan paus membuat mulutnya menjadi sangat besar, seperti mainan slinky yang mengembang, hingga dapat menyendok banyak kril dan air laut pada saat yang bersamaan. Faktanya, beberapa mulut ikan paus sangat besar sehingga gajah bisa muat di dalamnya!

Gigi pausShutterstock Gigi paus

Tapi apa yang terjadi dengan air yang banyak itu?

Semua paus balin memiliki untaian panjang yang tergantung di bagian atas mulutnya – bayangkan seperti bulu sapu jerami. Untaian ini terbuat dari bahan yang sama dengan kuku dan rambut kamu, yang disebut keratin.

Paus menggunakan bulu-bulu ini untuk menjebak kril di mulutnya, dan mendorong air laut keluar. Ini seperti saringan yang memisahkan spageti dari air pasta.

Beberapa paus, seperti paus bungkuk, adalah pemburu yang cerdas, dan mungkin membuat balon tiup dari hidung mereka untuk membuat jaring di sekitar makanan mereka.

Gelembung-gelembung ini mengepak ikan ke dalam satu area, membiarkan paus menyendok semuanya dalam satu suapan.

Baca juga: 2 Macam Gigi Paus, Gigi dan Balin, Begini Perbedaannya

Jadi, apa yang akan terjadi jika paus balin datang untuk makan malam??

Yah, pertama-tama, paus itu tidak muat di dapur, jadi makan malam harus di luar.

Ibu atau ayah akan membutuhkan banyak kril dan ikan. Lupakan pisau, garpu, atau tata krama apa pun, malam ini kamu hanya akan makan dengan mulut.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com