Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Nyeri pada Tular Ekor Bawah, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 24/09/2022, 16:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com berinisial NA, usia 34 tahun, perempuan, menanyakan mengenai rasa nyeri pada tulang ekor yang dirasakannya kepada subrubrik Halo Prof! Kompas.com:

Dok saya mau tanya..saya merasakan sakit nyeri pada tulang ekor bawah, pas di tengah-tengah atas dubur. Sudah sekitar setengah tahunan saya merasakan sakit ini. Apabila dibuat duduk terlalu lama di alas yang keras atau di jok montor, rasanya sakit nyeri tapi timbul reda.

Saya pijat-pijat di bagian pas tengah-tengah tulang ekornya tidak sakit. Tapi pas di bagian kanan daging bokong, yang di dalam itu malah kaya terasa sakitnya di situ.

Mau periksa ke dokter ortopedi, saya takut bila kenapa-kenapa. Mohon solusinya dok. Pantangan apa yang harus dihindari? Dan olahraga apa yang pas untuk menyembuhkan rasa sakit nyeri ini. Terima kasih dok.

Baca juga: Halo Prof! Apa Penyebab Nyeri Tulang Panggul dan Tulang Ekor?

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Muki Partono, Sp.OT, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dari RS Pondok Indah - Puri Indah. Berikut paparannya:

Halo Ibu NA, saya bantu jawab pertanyaannya ya.

Ilustrasi nyeri tulang ekorShutterstock Ilustrasi nyeri tulang ekor

Pertama-tama, harus diketahui bahwa nyeri pada tulang ekor bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya bisa karena saraf terjepit. Kedua, faktor problem ambeien, atau kelainan pada daerah sekitar dubur yang namanya fisura ani atau fistula ani.

Oleh karena itu, hal terpenting yang harus Ibu lakukan adalah memastikan penyebabnya ke dokter terlebih dahulu, bisa ke dokter ortopedi atau dokter bedah umum.

Kalau memang setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter bedah umum, tidak ditemukan kelainan, baru dipikirkan kemungkinan kelainan nyeri duburnya akibat saraf terjepit.

Pemeriksaan MRI lumbar lantas perlu dilakukan untuk memastikan, apakah ada kelainan saraf terjepit pada daerah lumbar.

Baca juga: Apa Fungsi Tulang Ekor?

dr. Muki Partono, Sp.OT

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi

RS Pondok Indah - Puri Indah

dr. Muki Partono, Sp.OT
Dokter Spesialis Bedah Ortopedi
RS Pondok Indah - Puri IndahRS Pondok Indah dr. Muki Partono, Sp.OT Dokter Spesialis Bedah Ortopedi RS Pondok Indah - Puri Indah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com