Kompas.com - 18/09/2021, 12:07 WIB
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com bernama S yang berusia 41 tahun dari Bekasi mengirimkan keluhan mengenai nyeri tulang panggul dan tulang ekor ke Halo Prof! Kompas.com. Berikut pertanyaannya:

Halo, Prof. Saya ada keluhan nyeri tulang panggul dan tulang ekor.

Awalnya setiap bangun duduk dari kursi, apalagi dengan kontur dudukan kursi yang agak melengkung, kaki kanan saya sering sakit menyelekit beberapa saat, tetapi sakitnya segera hilang saat sudah berdiri tegak. Namun, ketika bangun dari duduk deprok, tidak ada rasa sakit, normal-normal saja.

Setelah beberapa lama, saya mencoba menelusuri sumber sakitnya ada di sekitar persendian tulang panggul dan paha tengah bagian bawah yang bersentuhan langsung dengan kursi. Setelah sekian lama sakit saat berdirinya menghilang, tetapi duduk saya terasa kurang nyaman seperti orang yang terkena wasir tetapi bukan wasir karena nyerinya ada di sekitar persendian tulang panggul.

Baca juga: Osteoporosis, Penyakit Tulang yang Bisa Buat Tulang Patah Tiba-Tiba

Belakangan nyerinya terkadang ada di sekitar tulang ekor. Saya khawatir ada saraf yang terjepit.

Belasan tahun yang lalu, saat naik sepeda batangan (sepeda onthel) saya pernah terjerembap atau tergelincir, belahan (maaf) pantat saya menanggal tepat di batangan besi sepeda tersebut, nyerinya seperti tubuh dibelah.

Lebih dari sebulan saya sulit duduk, karena sakitnya luar biasa, tetapi tidak saya terapi (baik diurut atau konsul ke dokter spesialis bedah ortopedi/dokter spesialis saraf, ataupun ke klinik rehabilitasi medis). Saya biarkan saja dan sembuh dengan sendirinya. Hingga saat ini saya sama sekali belum berkonsultasi ke dokter karena takut untuk datang.

Keluhan tersebut ditanggapi oleh dr. Sunaryo Kusumo, M.Kes, Sp.OT (K), Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Konsultan Hip, Knee & Geriatric Trauma dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Baca juga: Mencegah Osteoporosis Itu Mudah, Ingat 3S untuk Perempuan Indonesia

Halo Bapak S! Terima kasih atas pertanyaanya, ya.

Apabila melihat keluhan Bapak, maka dapat dipisahkan menjadi dua keluhan utama yaitu:

  1. Nyeri di sekitar persendian tulang panggul yang terkadang menjalar ke kaki
  2. Nyeri di sekitar tulang ekor

Nyeri di sekitar tulang panggul dapat disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya adalah:

Patah tulang sekitar panggul

Biasanya nyerinya pada saat setelah injury (cedera), misalnya terbentur, jatuh dari ketinggian, jatuh dari motor, dan sebagainya. Sifat nyerinya menetap dan berat bahkan sampai tidak dapat menggerakkan anggota gerak badan, tetapi akan berangsur menghilang dalam beberapa minggu jika tulangnya sudah menyambung kembali.

Baik setelah dilakukan tindakan berupa operasi sehingga posisi tulang kembali sembuh normal seperti semula, atau bahkan tidak dilakukan apa-apa; terkadang, tulang dapat menyambung kembali meskipun posisinya tidak baik yang menyebabkan kaki panjang sebelah atau bengkok, dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.