Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Alprazolam, Penggunaan dan Efek Sampingnya

Kompas.com - 29/08/2022, 08:05 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alprazolam adalah obat yang digunakan untuk gangguan kecemasan dan panik. Alprazolam bekerja dengan meningkatkan efek bahan kimia alami tertentu dalam tubuh.

Obat alprazolam masuk dalam kelas obat benzodiazepin yang bekerja pada otak dan sistem saraf pusat untuk menghasilkan efek menenangkan.

Disadur dari WebMD, alprazolam harus dikonsumsi di bawah pengawasan dokter. Sebelum mengonsumsi obat ini Anda harus memahami panduan penggunaannya.

Nantinya dosis akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda. Dosis bisa ditingkatkan secara bertahap sampai obat mulai bekerja dengan baik.

Baca juga: Selain Ganja, Polisi Juga Temukan Alprazolam Milik Ardhito Pramono, Obat Apa Itu?

Efek samping Alprazolam

Penggunaan alprazolam bisa memunculkan beragam efek samping. Untuk mengurangi risiko efek samping ini, Anda dapat mengikuti secara seksama intruksi dokter.

Terkadang alprazolam bisa menyebabkan kecanduan. Risiko ini kemungkinan lebih tinggi pada orang yang mempunyai gangguan penggunaan zat seperti pemakaian berlebihan dan kecanduan obat-obatan atau alkohol.

Perlu digarisbawahi, penggunaan obat alprazolam dalam jangka waktu lama memungkinkan obat ini tidak bekerja dengan baik.

Adapun beberapa efek samping yang bisa muncul dari penggunaan alprazolam meliputi rasa kantuk, pusing, peningkatan produksi air liur, maupun perubahan dorongan seksual.

Jika salah satu dari efek samping tersebut bertahan atau memburuk, maka segera konsultasikan ke fasilitas kesehatan.

Baca juga: Tips Mengenali Obat Palsu dari Pakar Farmasi UGM, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com