Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Kenapa Hari Senin Menyebalkan | Pencairan Es dan Gletser Menaikkan Permukaan Laut | Perbedaan Salamander dan Kadal

Kompas.com - 23/08/2022, 07:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Sains jelaskan kenapa hari Senin terasa menyebalkan, dan artikel ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Senin (22/8/2022).

Hari Senin seringkali disambut dengan rasa malas, bahkan dikaitkan dengan tingkat stres emosional tertinggi, dengan tingkat produktivitas kerja rendah.

Kenapa Senin terasa menyebalkan dan disebut hari terburuk, ternyata secara ilmiah atau sains, hal ini bisa dijelaskan.

Pemanasan global terus menyebabkan berbagai dampak lingkungan serius, seperti kenaikan permukaan laut.

Pencairan gletser dan lapisan es, studi mengungkapkan, keduanya turut bertanggung jawab atas meningkatnya permukaan air laut.

BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi hingga 4 meter selama tiga hari ke depan, hingga 24 Agustus 2022.

Salamander adalah spesies amfibi yang mungkin, secara fisik tampak sama atau mirip dengan kadal. Namun, teranyata salamander dan kadal adalah dua hewan yang berbeda.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Senin (22/8/2022) hingga Selasa (23/8/2022).

Kenapa hari Senin terasa menyebalkan?

Kondisi kenapa Senin terasa menyebalkan, sebenarnya berkaitan dengan efek kurang tidur dan disfungsi sirkadian.

Dilansir dari Psychology Today, Minggu (14/8/2022) secara subyektif, kebanyakan orang meremehkan efek perubahan pola tidur terhadap kesehatan dan fungsi tubuh.

Studi di laboratorium menemukan, satu sampai dua jam kurang tidur menyebabkan penurunan fungsi kognitif, gangguan hormon, percepatan penuaan biologis, hingga pola aktivasi gen yang merugikan.

Mayoritas perubahan ini kerap kali tidak terlihat ataupun disadari. Hanya ketika efeknya mencapai ambang intensitas tinggi seperti pada jet lag atau episode insomnia, orang biasanya lebih memperhatikannya.

Dalam banyak kasus, perubahan siklus tidur-bangun ini berlangsung selama beberapa jam. Setelah seminggu sekolah atau jam kerja reguler, misalnya, seseorang dapat memanfaatkan hari Sabtu mereka untuk begadang pada Jumat malam dan tidur pada Sabtu pagi.

Berita populer Sains tentang kenapa hari Senin terasa menyebalkan, penjelasan secara ilmiah dapat dibaca selengkapnya di sini.

Baca juga: Kenapa Hari Senin Terasa Menyebalkan? Sains Jelaskan Penyebabnya

Pencairan es dan gletser menaikkan permukaan laut

Pencairan lapisan es dan gletser bertanggung jawab atas kenaikan permukaan air laut yang terjadi sebagai dampak pemanasan global.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com