Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2022, 14:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Sapi adalah hewan memamah biak. Pola makan sapi sedikit berbeda dengan hewan lainnya, termasuk urusan gigi. Tahukah kamu, sapi tidak memiliki gigi depan bagian atas?

Gigi sapi

Pada dasarnya, sapi mirip seperti manumur. Sapi memiliki gigi susu yang akan berganti menjadi gigi dewasa. Sapi dewasa memiliki 32 buah gigi yang terdiri dari gigi seri, geraham kecil, dan gigi geraham. Gigi geraham kecil disebut juga dengan gigi premolar, sedangkan geraham disebut juga dengan gigi molar.

Uniknya, sapi tidak memiliki gigi depan pada rahang atasnya. Sapi hanya memiliki gigi seri di rahang bawah bagian depan. Sedangkan gigi geraham sapi terdapat di kedua rahang, baik di rahang atas, maupun rahang bawah.

Gigi untuk menentukan umur sapi

Begitu terlahir, bayi sapi sudah memiliki gigi susu. Gigi permanen atau gigi dewasanya akan muncul ketika sapi sudah berumur 1,5 sampai 2 tahun. Oleh karena itu, gigi seri sapi digunakan untuk menentukan umur sapi.

Berikut ini adalah daftar jumlah gigi sapi dengan estimasi umur sapi:

  • 2 gigi seri permanen: umur 24 sampai 26 bulan
  • 4 gigi seri permanen: umur 31 sampai 33 bulan
  • 6 gigi seri permanen: umur 38 sampai 41 bulan
  • 8 gigi seri permanen: umur 46 sampai 51 bulan

Baca juga: Kenali Gejala Sapi dan Kambing Terinfeksi PMK

Fungsi gigi sapi

Walaupun memiliki gigi, sapi tidak bisa menggigit manumur atau hewan lain yang hidup di sekitarnya.

1. Gigi seri

Sapi memiliki gigi seru yang berfungsi untuk memotong rumput. Rumput akan dipotong dengan menekan gigi ke langit-langit mulut sapi yang keras. Langit-langit yang keras ini dimiliki juga oleh beberapa hewan lainnya, yaitu domba, kambing, jerapah, rusa, dan antelop.

2. Gigi geraham

Sapi memiliki gigi geraham yang berfungsi untuk menghaluskan makanan. Sapi merupakan hewan memamah biak yang akan mengembalikan makanan yang telah ditelannya ke dalam mulut untuk dikunyah. Setelah itu ditelan, kemudian kembali lagi ke dalam mulut.

Proses ini bisa terjadi hingga 50 kali. Sapi melakukan ini agar saluran pencernaannya bisa mencerna serat dari rumput dengan sempurna. Dengan begitu, sapi akan mendapatkan nutrisi yang optimal dari makanannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com