Kompas.com - 07/03/2022, 17:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tata surya terdiri dari bintang-bintang, Matahari, dan segala sesuatu yang terikat padanya karena gravitasi, yakni planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus; planet kerdil seperti Pluto; puluhan bulan; dan jutaan asteroid, komet, dan meteoroid.

Dilansir dari NASA, di luar tata surya, ada lebih banyak planet. Sejauh ini, para ilmuwan telah menemukan ribuan sistem planet yang mengorbit bintang lain di Galaksi Bima Sakti sehingga lebih banyak planet yang ditemukan.

Sebagian besar dari ratusan miliar bintang di Galaksi Bima Sakti diperkirakan memiliki planet sendiri.

Pengertian tata surya dan komposisinya

Susunan benda angkasa yang membentuk suatu sistem dengan matahari sebagai pusatnya dinamakan tata surya.