Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah dan Penyebab Runtuhnya Kerajaan Holing atau Kalingga

Kompas.com - 06/03/2022, 17:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comKerajaan Kalingga adalah salah satu kerajaan yang terletak di Jawa Tengah. Kerajaan ini dikenal juga dengan Kerajaan Holing.

Sejarah Kerajaan Kalingga

Kalingga berasal dari kata kalinga, sebuah kerajaan di India Selatan. Kerajaan ini dibangun oleh beberapa orang India yang melarikan diri karena daerah asalnya dihancurkan.

Kerajaan ini diperkirakan terletak di sebelah utara Gunung Muria, dekat Kabupaten Jepara. Kerajaan Kalingga didirikan sekitar abad ke-6. Agama yang dianut oleh kerajaan ini adalah Hindu dan Buddha.

Nama Holing berasal dari bahasa Tiongkok karena banyak pendeta China yang datang ke sini. Hal ini juga mempengaruhi bahasa yang digunakan. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Tiongkok.

Sejarah kerajaan ini secara rinci tidak diketahui secara utuh. Namun, kerajaan ini disebut memiliki hubungan antara Ratu Shima dengan Kerajaan Galuh.

Ratu Shima adalah ratu yang terkenal di tanah Jawa dengan sifatnya yang adil namun sangat keras. Ratu Shima dikisahkan pernah hampir membunuh anak kandungnya karena berani menyentuh sekantung emas milik Ratu Shima.

Namun, kala itu dewan menteri memohon keringanan atas anaknya. Akhirnya, anaknya hanya dijatuhi hukuman potong kaki.

Ratu Shima menjadi panutan contoh pemimpin yang adil, serta mengedepankan akal daripada perasaan. Dia berusaha adil tanpa pandang bulu, walaupun yang melanggar hukum adalah anggota keluarganya sendiri.

Baca juga: 5 Fakta Sejarah Majapahit, Kerajaan Terbesar di Nusantara

Penyebab runtuhnya Kerajaan Holing

Kerajaan Holing runtuh pada abad ke-7. Penyebab runtuhnya kerajaan holing adalah ketika kepemimpinan Ratu Shima berakhir. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain sebagai berikut:

  • Kebijakan politik yang kurang tepat
  • Kondisi perekonomian tidak stabil
  • Kerusuhan di lingkungan kerajaan
  • Ketidakpuasan rakyat terhadap kerajaan
  • Serangan dari Kerajaan Sriwijaya
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com