Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Fenomena Sinkhole Bisa Terjadi? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 12/02/2022, 20:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah lubang yang terbentuk setelah terjadinya tanah ambles atau disebut sinkhole masih sangat menarik untuk dibicarakan. Tak hanya itu saja, sinkhole juga dilaporkan pernah terjadi di berbagai tempat.

Misalnya, di Inggris pada tahun 2014 muncul lubang sedalam 10,6 meter 'menelan' rumah-rumah di sekitarnya.

Amerika Serikat pernah mengalami hal serupa yang membuat delapan mobil langka di Museum Corvette, masuk ke lubang berdiameter 12 meter dan berkedalaman sekitar 6 meter.

Terbaru, di tahun 2021 lalu sinkhole juga muncul di ladang petani di Puebla, Meksiko Tengah. Keberadaan lubang besar ini pun mengancam rumah-rumah warga di sekitarnya.

Menurut pemberitaan Kompas.com, Kamis (3/6/2021) Gubernur Santa Maria Zacatepec, Miguel Babosa Huerta, sinkhole tersebut memiliki kedalaman hingga 20 meter.

Fenomena alam ini pun pernah diangkat ke berbagai film layar lebar, hingga sejumlah film dokumenter.

Baca juga: Fenomena Sinkhole Muncul di Dekat Bangunan Kuno Roma

 

Lantas, apa itu sinkhole dan bagaimana fenomena ini bisa terjadi?

Penyebab munculnya sinkhole 

Dilansir dari Independent, Kamis (18/2/2014) sinkhole adalah lubang di tanah yang disebabkan oleh erosi dan drainase air.

Ukurannya pun bervariasi, ada yang hanya beberapa meter saja kedalamannya, namun tidak jarang sinkhole memiliki ukuran yang cukup besar.

Penyebab sinkhole bisa muncul adalah karena adanya medan karst yang merupakan area di mana batuan dasar seperti batu kapur atau gipsum terlarut dengan air bawah tanah.

Lantaran minimnya kandungan asam dalam air, fitur batuan tersebut menyerap karbon dioksida di udara, kemudian batuan dasar membentuk jalur atau saluran di dalam batu.

Batuan dasar yang jalurnya terbuka secara bertahap menjadi aus, dan seiring berjalannya waktu retakan terjadi secara alami. Semakin terkikis, maka dapat menyebabkan tanah ambles dan sinkhole pun terbentuk

Baca juga: Fenomena Sinkhole di Gunungkidul, Pakar: Perlu Pemetaan Goa Bawah Tanah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com