Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Pesan Berantai Resep Obat Herbal untuk Infeksi Omicron, Benarkah Efektif?

Kompas.com - 07/02/2022, 08:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beredar pesan berantai di grup WhatsApp menyebutkan, bahwa ramuan obat herbal yang terdiri dari daun pepaya, jahe, madu, dan jeruk nipis dapat menyembuhkan Covid-19 akibat varian Omicron.

Informasi tersebut bahkan mengatakan apabila ditemukan gejala Covid-19 seperti batuk, pilek, hilangnya kemampuan mencium (anosmia) bisa disembuhkan dengan obat herbal, dan tidak perlu ke dokter.

Sebab, hasil tes Covid-19 yang positif bisa membuat kondisi kesehatan menurun dan memicu stres.

Di akhir pesan, obat dari berbagai herbal itu pun diklaim telah terbukti menyembuhkan banyak pasien Omicron.

Baca juga: 5 Obat Herbal Vertigo, Salah Satunya Teh Jahe

"Obat OMICRON
Ayo...disebar-luaskan ke temen2 & saudara2 semua, kalau ada yang batuk2, pilek, anosmia (tidak ada rasa penciuman) tidak usah dibawa ke dokter. Ambilkan daun pepaya yang tua + jahe 2 potong (secukupnya), dicuci bersih dengan air masak (karena akan dikonsumsi langsung), lalu diblender dengan air masak dan disaring, kemudian diperas kira2 menjadi setengah gelas. Kalau ada dikasih madu 1 atau 2 sendok makan, kalau terasa pahit bisa tambah 3 sendok madu, lebih baik lagi diperasin jeruk nipis.
Obatnya itu saja, obat kampung mudah saja toh buatnya... Sudah terbukti banyak yang sembuh... ayo disebar-luaskan ke tetangga, saudara2 kalau ada yang kurang sehat, mulut pahit, enggak mau makan, enggak bisa mencium bau-bauan (anosmia), segera diobati itu saja, enggak usah dibawa ke dokter, nanti kalau dites positip malah drop/strees.
Sebarkan kebaikan ini agar daerah kita, negeri kita, kota ini cepat zona hijau.
Salam Sehat...." demikian isi pesan yang beredar di media sosial. 

Lantas, apakah informasi tersebut benar?

Kategori disinformasi

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR (Cand.) dr Inggrid Tania, M.Si, mengatakan bahwa pesan berantai tentang obat herbal untuk menyembuhkan infeksi Omicron termasuk kategori disinformasi (informasi yang tidak benar).

Namun, daun pepaya tua maupun muda serta jahe, memang diketahui memiliki sifat sebagai imunostimulan. Sebagai informasi, imunostimulan adalah senyawa yang bisa menstimulasi respons sistem imun.

Meski ramuan herbal yang bersifat imunostimulan sangat bermanfaat bagi seseorang yang terkena infeksi, belum ada penelitian mengenai khasiatnya pada penyembuhan infeksi virus corona.

"Jadi baru secara umum aja melalui penelitian diketahui bahwa daun pepaya dan jahe bersifat imunostimulan yang menguatkan respons imun. Jadi bisa menstimulasi sel-sel imun dalam melawan penyakit infeksi," kata Inggrid kepada Kompas.com, Minggu (6/2/2022).

Artinya, belum ada bukti menunjukkan obat herbal yang dianggap bisa menyembuhkan gejala Omicron tersebut ampuh untuk mengobati Covid-19.

"Kalau mau dikonsumsi pun sebenarnya boleh-boleh saja, karena sebenarnya itu (daun pepaya, jahe) ramuan yang menyehatkan, menguatkan imunitas sehingga kalau kita terkena infeksi ramuan ini bisa membantu untuk supaya lebih cepat sehat dan pulih," lanjutnya.

Baca juga: Khasiat Teh Krisan, Teh Herbal yang Kaya Akan Antioksidan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com