Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Delta yang Picu Lonjakan Covid-19 di Seluruh Dunia, Ini yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 14/07/2021, 12:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Tidak hanya di Indonesia yang disinyalir kenaikan kasus Covid-19 saat ini disebabkan oleh varian Delta. Varian Delta telah memicu lonjakan kasus di sejumlah negara di dunia.

Dilansir Reuters, Rabu (14/7/2021), Portugal adalah salah satu negara yang melaporkan kenaikan kasus yang didominasi oleh penularan Covid-19 varian Delta.

Dilaporkan bahwa hampir seluruh kasus Covid-19 di Lisbon dan wilayah Algarve selatan disebabkan oleh penularan varian Delta. Jumlah kasus harian baru di Portugal juga terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam sebuah laporan, National Health Institute Ricardo Jorge mengatakan bahwa varian Delta yang pertama kali terdeteksi di India, mewakili 86 persen kasus Covid-19 di Portugal secara keseluruhan.

Bahkan, di Lisbon dan kota wisata Algarve, lonjakan Covid-19 di kedua wilayah ini, 100 persen disebabkan oleh penyebaran varian Delta yang sangat menular.

Bangkok, ibukota Thailand, juga mengalami hal serupa, dikutip dari ABC News. Penyebaran varian Alpha dan varian Delta telah membuat negara berjuluk Negeri Gajah Putih itu harus kembali memberlakukan lockdown.

Baca juga: Varian Delta Menyebar, WHO: Orang yang Sudah Divaksin Harus Pakai Masker

 

Berikut 5 hal yang harus diketahui tentang varian Delta yang telah memicu lonjakan Covid-19 di sejumlah negara di dunia.

1. Varian Delta lebih menular

Varian Delta yang pertama kali teridentifikasi di India, ditetapkan sebagai Varian of Concern oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Artinya, varian virus corona ini adalah salah satu dari beberapa varian yang paling mengkhawatirkan.

Varian yang sebelumnya dilabeli sebagai B.1.617.2, menurut CDC, adalah varian virus corona yang lebih menular. Strain varian Delta ini memiliki mutasi pada protein spike yang menyebabkannya lebih mudah menginfeksi sel manusia.

Dikutip dari Web MD, varian virus corona ini telah menyebar di sejumlah negara di dunia termasuk di Indonesia.

Bahkan, varian Delta ini telah mendominasi penularan Covid-19 di Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan negara lainnya di dunia, yang memicu lonjakan Covid-19 dengan sangat cepat.

Baca juga: Varian Delta Lebih Menular dan Berbahaya dari Virus Corona Dominan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com