Dinosaurus Bernapas Seperti Sedang Mengisap Vape, Apa yang Terjadi?

Kompas.com - 12/07/2021, 08:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Ilustrasi terbaru dinoasaurus menggambarkan makhluk purba itu menyemburkan uap saat sedang bernapas, seperti mengisap vape.

Namun pada kenyataannya, dinosaurus itu sebenarnya sedang bernapas di pagi yang dingin pada era Jurassic.

Menariknya, cara bernapas dinosaurus bernama Heterodontosaurus tucki ini berbeda dengan dinosaurus lainnya.

Hal ini terungkap dari kekhasan tulang rusuk dan tulang dada dalam kerangka fosil Heterodontosaurus tucki yang sangat terpelihara dengan baik.

Baca juga: Kumbang Berusia 230 Juta Ditemukan di Kotoran Dinosaurus, Seperti Apa Wujudnya?

Dilansir Live Science, Sabtu (10/7/2021), Heterodontosaurus tucki adalah dinosaurus pemakan tumbuhan.

H. tucki seperti kalkun atau dinosaurus ornithischia, yakni kelompok dinosaurus dengan struktur pelvik yang mirip unggas seperti dinosaurus berparuh bebek, dinosaurus berjumbai seperti Triceratops, dan dinosaurus lapis baja seperti Ankylosaurus.

Dinosaurus ini berukuran sekitar 1 meter, yang diukur dari hidung sampai ekor.

Berdasar pemindaian sinar-X terhadap fosil H. tucki yang ditemukan di Eastern Cape Afrika Selatan pada tahun 2009, peneliti dapat merekonstruksi kerangka secara digital dalam 3D.

Hasil pemodelan yang dibuat peneliti mengungkap fitur kerangka H. tucki berbeda dengan ornithischia.

Tulang rusuk dan pinggul H. tucki dihubungkan oleh otot yang membantunya bernapas dengan cara yang berbeda dari dinosaurus lain, yakni melalui ekspansi dada dan perutnya.

Menurut Museum Sejarah Alam di London, sekitar 200 juta tahun lalu selama periode Jurassic awal (200 juta hingga 145 juta tahun yang lalu), H. tucki hidup berkeliaran di tempat yang sekarang menjadi Afrika Selatan.

H. tucki adalah salah satu spesies paling awal yang termasuk dalam kelompok ornithischia.

Temuan menarik pada H. tucki

Menurut para peneliti dalam laporan di jurnal eLife edisi 6 Juli 2021, H. tucki dapat memberi petunjuk tentang evolusi fitur yang umum di antara ornithischia tetapi berbeda dari dinosaurus lain.