Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gejala Covid-19 Pada Orang yang Sudah Vaksin Lengkap, Baru Disuntik 1 Dosis, dan Tidak Divaksin

Kompas.com - 11/07/2021, 13:10 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Para ilmuwan mengungkap, ada lima gejala Covid-19 teratas pada orang yang sudah divaksin lengkap, baru mendapat satu suntikan, atau tidak divaksin. Gejalanya mirip, tapi ada yang berbeda.

Di tahun pertama kemunculan Covid-19, para ilmuwan menemukan bahwa demam, batuk terus menerus, kehilangan indra penciuman dan perasa, kelelahan, hingga sakit tenggorokan menjadi gejala yang mungkin dialami orang terpapar virus corona SARS-CoV-2.

Kendati demikian, sebagian besar orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala.

Seiring waktu, dengan banyaknya mutasi Covid-19, ada lebih banyak gejala baru yang dilaporkan.

Baca juga: Daftar Gejala Covid-19 Ringan, Sedang, dan Berat

Berbagai macam gejala yang muncul dari waktu ke waktu tak lepas dari kehadiran beberapa varian virus corona, khususnya varian Delta dan Alpha yang sangat menular dan ditemukan di puluhan negara.

Kedua varian itu mendominasi strain original Covid-19 yang pertama kali ditemukan di China pada akhir 2019 dan masuk dalam variant of concern WHO.

Untuk mengetahui gejala Covid-19 seiring adanya varian baru, peneliti di Inggris membuat sebuah aplikasi yang memungkinkan masyarakat memasukkan gejala Covid-19 yang mereka rasakan.

Aplikasi ini memungkinkan para ilmuwan untuk menganalisis data dan dapat menyimpulkan gejala baru virus corona yang dilaporkan secara luas.

Diberitakan CNBC, Kamis (8/7/2021), studi Zoe Covid Symptom mengidentifikasi lima gejala teratas yang muncul dalam beberapa minggu terakhir.

Gejala ini tampaknya berbeda tergantung pada apakah Anda telah divaksinasi, dan berapa banyak dosis vaksin yang diberikan.

"Gejala yang disorot di bawah ini pertama kali diterbitkan pada akhir Juni dan masih mewakili lima gejala teratas yang dilaporkan," kata tim studi Zoe Covid Symptom.

Peringkat gejala didasarkan pada laporan anggota publik di aplikasi dan tidak memperhitungkan varian mana yang menyebabkan virus atau informasi demografis.

Gejala Covid-19 berdasarkan yang sudah vaksin, mendapat satu dosis vaksin, dan tidak divaksin

Ini adalah lima gejala teratas yang dilaporkan oleh orang-orang yang telah divaksinasi lengkap, telah mendapat satu dosis vaksin, atau tidak divaksinasi.

Gejala jika divaksinasi lengkap

Studi Zoe Covid Symptom mengatakan bahwa secara umum, orang-orang yang sudah mendapat vaksin dan belum memiliki gejala yang mirip.

Halaman:
Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com