Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Senang Dulu Saat Berat Badan Turun Tanpa Sebab, Bisa Jadi Tanda Penyakit

Kompas.com - 02/07/2021, 20:15 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Anda mungkin akan merasa senang saat menemukan berat badan Anda turun beberapa kilogram. Hal ini tak masalah, jika sebelumnya Anda rutin berolahraga atau menjalankan program penurunan berat badan.

Tapi, jika Anda tak melakukan keduanya dan menemukan berat badan Anda turun, apalagi hingga lebih dari 5 kilogram, ada baiknya memeriksakan kondisi kesehatan Anda.

Pasalnya, penurunan berat badan tanpa sebab, bisa menjadi tanda adanya penyakit dalam tubuh.

Baca juga: Ahli Ungkap Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan ini dapat terjadi relatif cepat - selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Susan Cotey, RN, CDCES, Koordinator Lennon Diabetes Center di Cleveland Clinic mengatakan, salah satu hal yang bisa menjadi penyebab turunnya berat badan adalah diabetes.

Lebih lanjut Cotey menjelaskan, insulin adalah hormon yang memungkinkan tubuh Anda menggunakan glukosa (gula) untuk energi.

Jika Anda menderita diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak menggunakan insulin secara efektif, dan tidak dapat mengangkut glukosa ke sel-sel Anda. Sebaliknya, itu akan menumpuk di darah Anda.

Ketika glukosa tidak tiba di sel Anda, tubuh Anda mengira itu kelaparan dan menemukan cara untuk mengimbanginya. Kemudian, ini akan menciptakan energi dengan membakar lemak dan otot secara cepat. Ini menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

“Ginjal Anda juga mulai bekerja lembur untuk menghilangkan kelebihan gula dalam darah. Ini menggunakan energi tambahan dan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.” Kata Cotey.

Diabetes tipe 1 juga memiliki pola yang sama, tetapi alih-alih tidak dapat menggunakan insulin, tubuh Anda berhenti memproduksinya sama sekali.

Baca juga: Kapan Naik Turun Berat Badan Dikatakan Tidak Normal?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com