Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Perbedaan Vegan dan Vegetarian, Apa Manfaatnya?

Kompas.com - 24/05/2021, 21:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comVegetarian adalah salah satu diet yang hanya fokus memakan makanan dari tumbuhan. Terdapat beberapa tipe vegetarian dengan alasan yang bermacam-macam, misalnya alasan kesehatan, lingkungan, dan agama.

Menurut Vegetarian Society, vegetarian adalah seseorang yang tidak mengonsumsi daging, unggas, ikan, kerang, dan produk turunan hewan. Vegetarian mengonsumsi buah, sayur, biji, dan kacang.

Gaya hidup vegetarian dianggap merupakan cara hidup untuk mencegah eksploitasi kepada hewan. Vegetarian percaya bahwa hewan juga memiliki hak untuk hidup. Selain itu, vegetarian percaya bahwa tdak mengonsumsi daging baik untuk kesehatan dan lingkungan.

Atas alasan ini juga, banyak vegetarian, terutama vegan, menghindari membeli baju dan produk yang berasal dari hewan, serta menghindari kebun binatang dan sirkus.

Baca juga: Sains Diet, Bagaimana Memenuhi Kebutuhan Protein kalau Vegetarian?

Pada beberapa jenis vegetarian, yang terpenting dalam konsepnya adalah tidak membunuh hewan. Maka dari itu masih ada sebagian vegetarian masih mengonsumsi susu dan telur karena didapatkan tanpa membunuh hewan.

Macam-macam vegetarian

Dilansir dari Health Line (5/8/2016), terdapat 4 macam vegetarian berdasarkan inklusi produk susu dan telur.

Tipe pertama adalah lacto-ovo vegetarian. Ini merupakan vegetarian yang menghindari semua produk hewan, namun masih mengonsumsi produk susu dan telur.

Tipe kedua adalah lacto vegetarian, yang menghindari semua produk hewani dan telur, namun masih mengonsumsi produk susu.

Baca juga: Suka Makan Sayur, Apakah Hiu Ini Vegetarian?

Tipe ketiga adalah ovo vegetarian. Tipe ini menghindari semua produk hewani dan susu, namun tetap mengonsumsi telur.

Tipe keempat adalah vegan. Vegan adalah tipe vegetarian yang benar-benar tidak mengonsumsi produk hewani apapun. Vegan bahkan menghindari produk turunan he was seperti beeswax, pakaian berbahan kulit, wool, dan produk kosmetik yang diuji coba ke binatang.

Selanjutnya adalah pestacarian. Ini merupaka tipe vegetarian yang tidak mengonsumsi daging dan ayam, namun masih mengonsumsi ikan sebagai sumber proteinnya.

Manfaat menjadi vegetarian

Studi menunjukkan bahwa vegetarian memiliki lemak jenuh dan kolesterol yang lebih rendah. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa menrapkan gaya hidup vegetarian mampu menurunkan resiko diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan berbagai macam kanker.

Vegetarian juga tercukup kebutuhan vitamin, mineral, serat, dan zat baik yang ada di dalam tumbuhan. Namun, ternyata vegetarian memiliki resiko kekurangan beberapa mineral seperti zat besi, kalsium, sinc, dan vitamin D, serta omega-3.

Baca juga: Keberadaan T. rex Vegetarian Diungkap, Inilah Wajahnya

Mana yang lebih sehat?

Diet ala vegetarian bisa menjadi pilihan yang sehat asalkan direncanakan dengan baik. Vegetarian mungkin perlu mengonsumsi suplemen tambahan untuk menutupi kebutuhan mineral seperti omega-3, kalsium, vitamin D dan B12.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com