Kompas.com - 16/05/2021, 17:03 WIB
Ilustrasi fenomena langit tripel konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran. Fenomena langit ini akan terjadi pekan ini, 19 Maret 2021. SHUTTERSTOCK/Jose L. StephensIlustrasi fenomena langit tripel konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran. Fenomena langit ini akan terjadi pekan ini, 19 Maret 2021.


KOMPAS.com- Dua fenomena konjungsi sekaligus akan menghiasi langit malam Indonesia hari ini Minggu, (16/5/2021).

Kedua fenomena konjungsi tersebut adalah antara Bulan dan Mars, serta konjungsi tripel antara Aldebaran, Merkurius dan Venus

Berikut penjelasan lengkapnya berdasarkan keterangan tertulis Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangerang Hasanuddin melalui laman edukasi sains lapan.

1. Konjungsi Bulan dan Mars

Selepas Matahari terbenam, atau ketika awal senja bahari Anda dapat mengamati fenomena konjungsi atau kesejajaran antara Bulan dan Planet Mars.

Baca juga: Fenomena Langit Pekan Ini: Jumat Ada Tripel Konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Puncak dari fenomena konjungsi Bulan dan Mars yang akan hiasi langit Indonesia malam ini akan terjadi dari arah Barat Laut dengan sudut pisah 2,89 derajat.

"Keduanya (Bulan dan Mars) akan berada di atas ufuk selama 3 jam sebelum akhirnya terbenam di arah Barat-Barat Laut dengan sudut pisah 3,69 derajat," ujarnya.

Sebagai informasi, konjungsi Bulan dan Mars ini telah terjadi pada 20 Maret 2021 dan 17 April 2021 yang lalu sebagai okultasi Mars oleh Bulan.

Sementara, setelah malam ini, fenomena konjungsi Bulan dan Mars ini masih akan kembali hiasi langit Indonesia pada 14 Juni dan 12 Juli 2021 mendatang.

Baca juga: Fenomena Langit Malam Takbiran, Ada Konjungsi Tripel Aldebaran, Merkurius dan Venus

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X