Kompas.com - 23/11/2020, 19:31 WIB
Korban letusan Gunung Vesuvius di situs Pompeii. Parco Archeologico di Pompei/AP/PHYSKorban letusan Gunung Vesuvius di situs Pompeii.


KOMPAS.com- Ahli kembali menemukan lagi korban Gunung Vesuvius yang meletus 2000 tahun yang lalu di situs Pompeii.

Bagian dari tengkorak dan tulang dari korban ditemukan selama penggalian reruntuhan tempat yang dulunya merupakan vila elegan dengan pemandangan langsung ke Laut Mediterania.

Seperti dikutip dari Phys, Senin (23/11/2020) korban yang keduanya adalah pria ini menurut peneliti kemungkinan merupakan seorang kaya dan budaknya yang berusaha melarikan diri dari letusan Gunung Vesuvius.

Kedua pria tersebut tampaknya lolos dari turunnya abu awal Gunung Vesuvius. Namun keesokan hari, saat terjadi ledakan vulkanik yang lebih kuat, mereka harus menerima maut yang datang menjemput.

Baca juga: Letusan Besar Vesuvius Tak Binasakan Seluruh Kehidupan Pompeii

 

"Ledakan tampaknya mengelilingi lokasi persembunyian dan tak membiarkan mereka lolos, mengubur para korban dalam abu," ungkap keterangan resmi dari pengurus situs Pompeii.

Lebih lanjut, kedua korban terbaring bersebelahan. Mereka terkubur dalam abu sedalam 2 meter.

Kedua kerangka korban letusan Vesuvius ditemukan di ruang samping di sepanjang koridor bawah tanah atau dikenal sebagai cryptoporticus.

"Para korban mungkin mencari perlindungan di cryptoporticus, di ruang bawah tanah ini. Mereka pikir mereka lebih terlindungi," kata Massimo Osanna, seorang arkeolog yang terlibat dalam penggalian.

Setelah korban letusan Vesuvius ditemukan, arkeolog kemudian menggunakan metode tertentu yang telah digunakan sejak 1800-an.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X