Metode Tes Cepat Covid-19 Ini Diklaim Akhiri Pandemi dalam 6 Minggu, Kok Bisa?

Kompas.com - 23/11/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi tes swab Covid-19 untuk mendeteksi infeksi virus corona untuk hentikan pandemi Covid-19. ShutterstockIlustrasi tes swab Covid-19 untuk mendeteksi infeksi virus corona untuk hentikan pandemi Covid-19.


KOMPAS.com- Para peneliti di Harvard TH Chan School of Public Health dan University of Colorado Boulder mengklaim studi baru tentang tes cepat Covid-19 dapat mengakhiri pandemi virus corona.

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan tes cepat yang dilakukan massal mencakup 75 persen kota setiap 3 hari sekali, akan dapat mengakhiri pandemi dalam waktu 6 minggu, dikutip dari Business Insider, Senin (23/11/2020).

Terutama tes cepat Covid-19 pada orang-orang yang tidak menunjukkan gejala infeksi.

Baca juga: Ilmuwan Inggris Temukan Tes Covid-19 Tercepat Tanpa Uji Laboratorium

 

Hasil studi tersebut telah dipublikasikan pada Jumat (20/11/2020) lalu di jurnal Science Advances, dan menunjukkan bahwa tes cepat Covid-19, memungkinkan otoritas kesehatan mengandalkan intervensi yang lebih fokus pada kesehatan masyarakat.

Walaupun metode ini mungkin tidak dapat diandalkan, namun dinilai lebih baik daripada upaya lockdown yang lebih berdampak pada ekonomi skala besar.

Tes cepat berbiaya rendah dan dapat memberikan hasil dalam hitungan menit.

Menurut peneliti, apabila setengah populasi di Amerika Serikat melakukan tes cepat Covid-19 setiap minggu, dan mereka yang dites positif mengisolasi diri, dampaknya akan sangat besar dalam mengakhiri pandemi virus corona.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X