Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Pertama yang Sembuh dari HIV, Meninggal karena Leukimia

Kompas.com - 01/10/2020, 16:31 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Orang pertama yang sembuh dari HIV, Timothy Ray Brown atau yang dikenal sebagai Pasien Berlin telah meninggal karena kanker leukimia.

Hal ini diumumkan International AIDS Society (IAS) pada Rabu (30/9/2020).

Brown menorehkan sejarah di dunia medis dan menjadi simbol harapan bagi puluhan juta orang yang hidup dengan virus penyebab AIDS. Dia dinyatakan sembuh dari HIV lebih dari satu dekade lalu.

Namun, leukimia yang pernah dimiliki Timothy kambuh beberapa bulan lalu. Dia rawat jalan di rumahnya di Palm Springs, California.

Baca juga: Hari AIDS Sedunia, Begini 4 Tahap HIV Berkembang jadi AIDS

"Atas nama semua anggota, IAS menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman Timothy," kata Presiden IAS, Adeeba Kamarulzaman.

"Kami sangat berterima kasih kepada Timothy dan dokternya, Gero Hutter karena telah membuka harapan bagi para ilmuwan untuk mengeksplorasi dan penyembuhan HIV adalah mungkin," imbuhnya seperti dilansir Science Alert, Kamis (1/10/2020).

Timothy Ray Brown didiagnosis terinfeksi HIV ketika dia belajar di Berlin pada 1995.

Satu dekade kemudian, dia didiagnosis memiliki leukimia, kanker yang memengaruhi darah dan sumsum tulang.

Untuk pengobatan leukimia, dokternya di Free University of Berlin menggunakan transplantasi sel induk dari seorang donor yang memiliki mutasi genetik langka yang memberinya kekebalan alami terhadap HIV.

Lewat transplantasi ini, diharapkan kedua penyakit hilang.

Dibutuhkan dua prosedur yang menyakitkan dan berbahaya, tetapi berhasil.

Pada tahun 2008, Timothy Ray Brown dinyatakan bebas dari kedua penyakit tersebut. Saat itulah, dia dijuluki "Pasien Berlin" pada konferensi medis untuk menjaga anonimitasnya.

Dua tahun kemudian, dia memutuskan untuk memecah kebisuannya dan kemudian menjadi figur publik, memberikan pidato dan wawancara dan memulai mendirikan yayasannya sendiri.

"Saya adalah bukti hidup bahwa mungkin ada obat untuk AIDS," katanya kepada AFP pada tahun 2012.

"Sangat luar biasa, bisa disembuhkan dari HIV."

Timothy Ray Brown atau dikenal dengan Pasien Berlin adalah orang pertama yang dinyatakan sembuh dari AIDS. Foto ini diambil saat dia meresmikan Timothy Ray Brown Foundation di hotel Westin City Center pada 24 JUli 2012 di Washington, DC.T.J. Kirkpatrick Timothy Ray Brown atau dikenal dengan Pasien Berlin adalah orang pertama yang dinyatakan sembuh dari AIDS. Foto ini diambil saat dia meresmikan Timothy Ray Brown Foundation di hotel Westin City Center pada 24 JUli 2012 di Washington, DC.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com