Kompas.com - 01/10/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi perubahan iklim memengaruhi seluruh makhluk di Bumi, tak terkecuali tanaman. Kenaikan suhu dan berkurangnya lapisan ozon berdampak pada perubahan warna bunga. SHUTTERSTOCK/WittybearIlustrasi perubahan iklim memengaruhi seluruh makhluk di Bumi, tak terkecuali tanaman. Kenaikan suhu dan berkurangnya lapisan ozon berdampak pada perubahan warna bunga.

KOMPAS.com- Saat dihadapkan pada perubahan di Bumi, hanya ada dua pilihan yang bisa dilakukan oleh makhluk hidup, yakni adaptasi atau punah.

Misalnya seperti yang harus dihadapi tumbuh-tumbuhan di planet ini. Sebuah studi mengungkap jika bunga di seluruh dunia mengalami perubahan warna akibat perubahan iklim.

Dikutip dari IFL Science, Rabu (30/9/2020) penelitian tersebut menunjukkan bunga beradaptasi dengan cepat selama 75 tahun terakhir sebagai respon terhadap kenaikan suhu dan penurunan ozon.

Respon tersebut dilakukan dengan cara mengubah pigmen ultraviolet (UV) pada kelopaknya.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology tersebut dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap lebih dari 1.200 spesies tanaman yang diawetkan.