Kompas.com - 01/10/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi perubahan iklim memengaruhi seluruh makhluk di Bumi, tak terkecuali tanaman. Kenaikan suhu dan berkurangnya lapisan ozon berdampak pada perubahan warna bunga. SHUTTERSTOCK/WittybearIlustrasi perubahan iklim memengaruhi seluruh makhluk di Bumi, tak terkecuali tanaman. Kenaikan suhu dan berkurangnya lapisan ozon berdampak pada perubahan warna bunga.


KOMPAS.com- Saat dihadapkan pada perubahan di Bumi, hanya ada dua pilihan yang bisa dilakukan oleh makhluk hidup, yakni adaptasi atau punah.

Misalnya seperti yang harus dihadapi tumbuh-tumbuhan di planet ini. Sebuah studi mengungkap jika bunga di seluruh dunia mengalami perubahan warna akibat perubahan iklim.

Dikutip dari IFL Science, Rabu (30/9/2020) penelitian tersebut menunjukkan bunga beradaptasi dengan cepat selama 75 tahun terakhir sebagai respon terhadap kenaikan suhu dan penurunan ozon.

Respon tersebut dilakukan dengan cara mengubah pigmen ultraviolet (UV) pada kelopaknya.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology tersebut dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap lebih dari 1.200 spesies tanaman yang diawetkan.

Baca juga: Bantu Penyerbukan Bunga, Ini Peran Penting Ngengat di Malam Hari

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dari jumlah tersebut, 42 spesies bunga dari tiga benua dan berasal dari tahun 1941 hingga 2017.

Peneliti kemudian menganalisis tingkat pigmentasi bunga menggunakan kamera sensitif UV. Pigmen yang dimaksud tidak seperti yang kita bayangkan.

Sebab, pigmen tersebut tidak terlihat oleh manusia seperti layaknya warna merah kelopak mawar atau kuning bunga bakung. Pigmen UV digunakan oleh bunga untuk menarik penyerbuk dan melindungi dari radiasi UV.

Hasilnya menunjukkan bahwa pigmentasi bunga yang menyerap UV meningkat sepanjang paruh kedua abad ke-20.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.