Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Corona di Pasar Tradisional, Ini Panduan dari BPOM

Kompas.com - 28/04/2020, 18:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga usai, dan belum diketahui secara pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Tetapi aktivitas di pasar tradisional masih terus berlangsung.

Pasar tradisional adalah salah satu tempat yang berpotensi besar dalam penularan virus corona. Inilah tempat bertemunya pedagang dan pembeli, serta barang dagangan dan bahan makanan yang tak terhingga jumlahnya.

Transaksi penukaran barang dan kontak fisik meningkatkan risiko tertularnya Covid-19. Oleh karena itu, Badan POM RI telah mengeluarkan panduan pencegahan Covid-19 di pasar tradisional.

Baca juga: Cegah Penularan Corona, Ini Tips BPOM untuk Pedagang Sayur Keliling

1. Berjualan dengan sehat

Pastikan Anda sebagai penjual dalam keadaan atau kondisi yang sehat.

2. Jangan lupa...

Pedagang atau penjual di pasar jangan lupa dan harus memakai masker, celemek, sarung tangan dan alas kaki yang tertutup agar badan selalu bersih dan tidak mengontaminasi pangan.

3. Hindari kontak langsung

Gunakan penjepit makanan, sendok, garpu untuk memilih atau mengambil makanan. Upayakan agar makanan jangan langsung bersentuhan dengan tangan. Serta, pastikan makanan selalu terbungkus atau tertutup dengan rapi.

4. Cuci tangan

Setelah Anda sebagai pedangan memegang sesuatu. Langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama setidaknya 20 detik.

5. Bersihkan lingkungan

Upayakan untuk selalu membersihkan lantai dengan disinfektan. Termasuk dengan saluran pembuangan air selokan dan tempat sampah tertutup. Pastikan tersedia sabun cuci tangan di toilet pasar.

6. Jaga jarak fisik

Menjaga jarak adalah hal yang wajib dilakukan di semua tempat pada saat ini. Begitu juga dengan pasar tradisional. Upayakan untuk menjaga jarak sesama pembeli dan pedagang, minimal satu meter untuk menghindari potensi penularan Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com