Punya Mag atau Gerd, Amankah Puasa Saat Ramadhan? Ini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 28/04/2020, 16:31 WIB
Ilustrasi sakit mag, Gerd Ilustrasi sakit mag, Gerd


KOMPAS.com- Menjalani puasa di bulan Ramadhan menjadi keharusan bagi umat muslim. Tetapi, berpuasa menjadi dilema bagi mereka yang memiliki penyakit mag atau Gerd yang khawatir dapat kambuh atau nyeri.

Menyangkut persoalan ini, Guru Besar sekaligus dokter spesialis penyakit dalam, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH menegaskan bahwa pasien mag justru akan membaik berkat puasa di bulan Ramadhan ini.

" Puasa ramadhan selama ini terbukti akan memperbaiki sakit mag seseorang," kata Ari kepada Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Hal ini disebutkan Ari berdasarkan survei yang telah dilakukan terkait meningkatnya tren Gerd di masyarakat.

Baca juga: Halo Prof! Apa Sih Bedanya Sakit Maag dengan Gerd?

 

Pada bulan ramadhan, dalam praktik sehari-hari bahkan pada minggu pertama, pasien sudah melaporkan bahwa keluhan magnya membaik saat berpuasa.

Keluhan sakit mag yang umumnya dirasakan oleh pasien adalah akibat ketidakteraturan makan, konsumsi makanan camilan yang berlemak, asam dan pedas sepanjang hari, konsumsi minuman bersoda, merokok dan juga faktor stres.

Berikut beberapa alasan, kata Ari, yang membuat kenapda pasien dengan sakit mag akan membaik jika berpuasa di bulan ramadhan.

  • Makannya menjadi teratur yaitu pada saat sahur dan berbuka
  • Mengurangi camilan-camilan yang tidak sehat yang biasanya bisa saja dikonsumsi pada siang hari
  • Mengurangi konsumsi rokok
  • Pengendalian diri

Baca juga: Gerd, dari Penyebab, Gejala hingga Penanganan

"Secara teori mestinya pasien dengan Gerd juga akan membaik keluhannya saat berpuasa ramadhan. Keteraturan (pola makan) inilah yang bisa membuat pasien dengan sakit mag tersebut sembuh," ujar dia.

Penelitian pasien Gerd berpuasa saat Ramadhan

Sebuah penelitian dilaporkan empat tahun lalu oleh peserta pendidikan dokter spesialis penyakit dalam FKUI-RSCM, Dr Radhiyatam Mardhiyah, menemukan terjadinya perubahan nilai Gerd-Q pada pasien dengan Gerd yang melakukan puasa di bulan ramadhan.

Untuk diketahui, Gerd-Q adalah parameter untuk menilai ringan buruknya penyakit Gerd pada diri seseorang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X