Lagi, Dua Kucing di New York Terinfeksi Virus Corona

Kompas.com - 27/04/2020, 07:04 WIB
Ilustrasi kucing suka catnip. SHUTTERSTOCKIlustrasi kucing suka catnip.

KOMPAS.com - Dua kucing di New York dinyatakan positif Covid-19, tak lama setelah seekor harimau di kebun binatang Bronx dikabarkan mengidap penyakit serupa.

Diagnosis itu diumumkan oleh pejabat federal pada Rabu (23/4/2020).

Mereka melaporkan, kedua kucing itu mengidap penyakit pernapasan ringan dan hasil tes menunjukkan keduanya positif terinfeksi virus corona SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

Department of Agriculture dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS menduga, kedua kucing itu tertular virus SARS-CoV-2 dari pemiliknya atau orang lain di lingkungannya.

Baca juga: Kucing Lebih Rentan Terinfeksi Corona Covid-19, Ini Langkah Kurangi Risiko Penularannya

Berikut riwayat sakit kedua kucing itu. Kucing pertama mengalami sakit dengan gejala batuk ringan dan pilek selama satu minggu. Namun belum diketahui pasti, kucing ini tertular Covid-19 dari pemiliknya atau orang lain.

Sementara untuk kucing kedua, dinyatakan positif Covid-19 sebelum menunjukkan gejala apapun.

CDC mendesak semua orang untuk tidak panik dan meminta hewan peliharaan yang dimiliki untuk dites corona.

"Kami tidak ingin masyarakat panik. Kami tidak ingin masyarakat takut pada hewan peliharaannya sendiri," ungkap dr Casey Barton Behravesh, pejabat CDC yang bertugas pada hubungan kesehatan antara manusia dan hewan kepada Associated Press.

"Tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menyebarkan penyakit (Covid-19) ke manusia," imbuhnya.

Dilansir IFL Science, Kamis (24/4/2020), penasihat kesehatan Gedung Putih untuk wabah corona, dr Anthony Fauci, menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada bukti bahwa virus corona baru penyebab Covid-19 dapat menular dari hewan ke manusia. Hal ini disampaikannya dalam acara jumpa pers pada Rabu (23/4/2020).

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X