Dinosaurus Punah, Hanya Buaya yang Bertahan, Apa Rahasianya?

Kompas.com - 14/03/2020, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Kepunahan massal telah membinasakan dinosaurus, namun tidak dengan buaya. Memiliki garis keturunan hewan tertua yang masih hidup di Bumi, keberadaan buaya setidaknya telah ada hampir 100 juta tahun.

Buaya menjadi satwa tertua yang selamat dari dua peristiwa kepunahan massal yang pernah terjadi di planet ini.

Pertama, peristiwa yang terjadi 66 juta tahun lalu, saat di mana asteroid menghantam planet yang memusnahkan dinosaurus.

Kedua, peristiwa kepunahan massal lain yang lebih kecil, terjadi sekitar 33 juta tahun lalu yang menghancurkan kehidupan di lautan.

Lalu, bagaimana buaya dapat melewati peristiwa ekstrim itu dan tetap eksis hingga sekarang?

Baca juga: Terancam Punah, 100 Buaya Gharial yang Unik Lahir di Nepal

Hingga kini, alasan di balik itu kurang dipahami. Dalam studi sebelumnya sempat menunjukkan beberapa faktor yang membuat buaya dapat bertahan hidup.

Di antaranya kemampuan buaya menahan lapar selama berbulan-bulan atau bertahan di musim dingin yang ekstrim.

Namun masih banyak hal lainnya yang belum diketahui soal kemampuan bertahan hidupnya.

Kini berdasarkan studi baru, kemampuan buaya untuk bertahan menghadapi berbagai kondisi itu terungkap, yakni pengasuhan serta reproduksi yang unik. Keunggulan tersebut dapat membantu buaya beradaptasi dengan perubahan iklim.