Gempa Hari Ini: M 5,2 Guncang Yahukimo Papua, Terasa hingga Wamena

Kompas.com - 07/03/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi gempa bumi ShutterstockIlustrasi gempa bumi

KOMPAS.com - Gempa tektonik bermagnitudo 5,2 mengguncang wilayah Yahukimo di Papua hari ini, Sabtu (7/3/2020) pada pukul 11.37 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo M 5,2 yang kemudian dimutakhirkan menjadi Mw 4,9.

Disebutkan oleh Kepala Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 3.95 LS dan 139.42 BT.

Lokasi episenter tersebut tepatnya berada di darat pada jarak 46 kilometer arah tenggara kota Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua pada kedalaman 47 kilometer.

Baca juga: BMKG Ungkap Februari 2020, Indonesia Diguncang 779 Kali Gempa Tektonik

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar mendatar atau strike slip.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata Rahmat.

Hingga hari Sabtu, 07 Maret 2020 pukul 12.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Lalu, hasil permodelan oleh BMKG juga menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Zona Megathurst Sukabumi Picu Gempa Besar dan Tsunami? Ini Kata BMKG

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X