Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ciri-Ciri Makhluk Biotik dan Berbagai Interaksinya

KOMPAS.com - Sebuah ekosistem terdiri dari hubungan antara komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah komponen makhluk hidup. Komponen ini berisi organisme yang saling memengaruhi kebutuhan organisme lain.

Ciri-ciri makhluk biotik

Makhluk biotik memiliki ciri-ciri yang membedakan mereka dari komponen abiotik sebagai berikut:

  • Peka terhadap rangsang
  • Membutuhkan nutrisi
  • Bergerak
  • Tumbuh dan berkembang
  • Bereproduksi

Interaksi antar komponen biotik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa masing-masing organisme atau makhluk biotik saling memengaruhi dalam ekosistem untuk kelangsungan hidup. Kejadian ini disebut dengan interaksi antar komponen biotik atau simbiosis.
Berikut ini adalah macam-macam interaksi antar komponen biotik:

1. Netralisme

Netralisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang tidak saling memengaruhi. Contohnya adalah ulat dan kucing.

2. Mutualisme

Mutualisme adalah interaksi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan dan menjadi bagian penting untuk kelangsungan hidup keduanya. Contohnya adalah interaksi antara lebah dengan bunga. Lebah mendapatkan nektar untuk membuat madu, sedangkan bunga diuntungkan karena terbantu proses penyerbukannya.

3. Protokoperasi

Protokoperasi sebenarnya mirip dengan simbiosis mutualisme. Perbedaannya terletak pada interaksi yang penting atau tidak. Pada simbiosis mutualisme, interaksinya sangat penting bagi kelangsungan hidup keduanya. Sedangkan pada protokoperasi, interaksinya penting namun tidak esensial.

Jika tidak terjadi protokoperasi, maka tidak akan merugikan keduanya. Namun, jika terjadi protokoperasi makan akan menguntungkan. Contoh interaksi protokoperasi adalah burung jalak dengan kerbau.

4. Komensalisme

Komensalisme adalah interaksi yang menguntungkan satu organisme, namun tidak memengaruhi organisme lainnya. Contohnya adalah simbiosis antara anggrek dengan tumbuhan inangnya. Anggrek mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan tempat hidup, namun inangnya tidak dirugikan karena anggrek tidak menyerap makanan dari inangnya.

5. Parasitisme

Parasitisme adalah hubungan yang menguntungkan hanya satu organisme dan merugikan organisme lainnya. Contohnya adalah kutu dan kucing. Kutu merupakan parasit yang merugikan karena menyerap darah dan ini merugikan kucing.

6. Predasi

Predasi merupakan interaksi dimana terdapat pemangsa dan yang dimangsa. Contohnya adalah singa dengan rusa.

7. Herbivori

Herbivori adalah interaksi antara hewan dengan tumbuhan dimana hewan memakan tumbuhan. Contohnya adalah kambing yang memakan rumput.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/06/22/073200623/ciri-ciri-makhluk-biotik-dan-berbagai-interaksinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke