Salin Artikel

Racun Ular dan Laba-laba Jadi Habitat Baru Bakteri, Kok Bisa?

KOMPAS.com- Belum lama ini, dalam sebuah studi sekelompok peneliti melaporkan bahwa mereka menemukan habitat baru bakteri. Habitat ini tak biasa, sebab mereka menemukan bakteri hidup di racun ular dan laba-laba.

Bakteri adalah organisme kecil yang banyak akal. Mereka dapat hidup di beberapa tempat paling aneh dan paling tak ramah di planet kita. Sebut saja gurung gersang, danau asam beracun, bahkan jauh di dalam kerak bumi di bawah dasar laut.

Akan tetapi, para ilmuwan baru saja menemukan habitat baru yang sangat tak terduga untuk mikroba kecil yang kuat, yakni di racun ular dan laba-laba.

Temuan pun bertentangan dengan apa yang dipikirkan oleh ilmuwan sebelumnya. Racun ular dan laba-laba diketahui mengandung senyawa antimikroba, yang oleh para ilmuwan dianggap sebagai lingkungan steril yang tak memungkinkan bagi mikroba untuk berkembang.

Namun temuan teranyar ini mengungkapkan bahwa bakteri yang menyebabkan infeksi sudah bisa hadir dalam racun bajkan sebelum korban digigit.

Hal tersebut menunjukkan siapa pun yang digigit ular atau laba-laba mungkin juga perlu dirawat karena infeksi.

"Kami menemukan bahwa semua ular dan laba-laba berbisa yang kami uji memiliki DNA bakteri dalam racunnya," ungkap Sterghios Moschos dari Northumbria University di Inggris.

Ia pun menyebut jika alat diagnostik umum gagal mengidentifikasi bakteri dengan benar dan seseorang terinfeksi maka dokter bisa saja memberi antibiotik yang salah dan itu berpotensi memperburuk keadaan.

Seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (24/5/2022) hasil studi yang menunjukkan habitat baru bakteri ini terungkap setelah peneliti menyadari mulut ular tak berbisa justru lebih steril daripada ular berbisa.

Hal itu menimbulkan keheranan mengingat bakteri ditemukan di racun yang merupakan senyawa antimikroba.

Moschos dan rekan-rekannya pun ingin mengetahui apakah racun dan kelenjar racun bisa menjadi sumber bakteri tambahan.

Jika demikian, bakteri hidup di racun ular dan laba-laba, peneliti ini mencoba mencari tahu bagaimana mikroba bisa beradaptasi untuk hidup di lingkungan yang seharusnya menjadi lingkungan yang sangat tak bersahabat bagi mereka.

Untuk mengetahuinya mereka mengambil sampel racun dan peralatan envenomation dari lima spesies ular yaitu Bitis arietans, ular kobra berleher hitam Naja nigricollis, Bothrops atrox, ular derik punggung berlian barat Crotalus atrox dan taipan pesisir Oxyuranus scutellatus.

Peneliti juga mengambil sampel dua spesies laba-laba, Poecilotheria regalis dan tarantula pemakan burung pink salmon Brasil.

Selanjutnya peneliti mulai mengisolasi dan memeriksa mikroba dari bisa ular tersebut. Setelah dianalisis peneliti menemukan bakteri umum yang ditemukan di saluran pencernaan manusia, Enterococcus faecalis pada kelenjar racun dan racun ular.

"Ketika kami mengurutkan DNA mereka, kami jelas mengidentifikasi bakteri dan menemukan bahwa mereka telah bermutasi untuk melawan racun. Ini luar biasa karena racun seperti campuran antibiotik sehingga Anda tak akan mengira bakteri tahan hidup di sana," papar Moschos.

Ia pun memuji ketahanan bakteri E.faecalis terhadap racun ular. Penelitian ini untuk membuktikan benarkah bakteri hidup di racun ular dan laba-laba.

Lebih lanjut, mengobati gigitan hewan berbisa yang terinfeksi mikroba mungkin tak sesederhana mengobati infeksi sekunder.

Hal ini mengingat adaptasi mikroba yang cepat dan dapat mengembangkan resistensi antibiotik.

Akan tetapi di sisi lain, adaptasi ini juga dapat memberi para ilmuwan untuk memahami resistensi antibiotik dan bagaimana menghindarinya.

Penelitian tentang habitat baru bakteri dalam racun ular dan laba-laba ini telah dipublikasikan di jurnal Microbiology Spectrum.