Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

El Barack Anak Jessica Iskandar Positif Covid-19, Ketahui Daftar Gejala Covid-19 pada Anak

KOMPAS.com - Anak Jessica Iskandar, El Barack, tengah dirawat di rumah sakit setelah dinyatakan terinfeksi virus corona. Hal itu disampaikan suami Jessica, Vincent Verhaag, dalam unggahan Instagram Story miliknya.

"Stay safe sayang, you too El," ujar Vincent melalui akun Instagram @v.andrianto.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Selasa (15/2/2022) El Barack yang berusia 7 tahun itu sempat mengalami gejala termasuk sakit kepala, dan lemas. El juga diketahui belum melakukan vaksinasi Covid-19.

Sebenarnya, apa saja gejala Covid-19 pada anak yang belum divaksinasi seperti El Barack?

Dijelaskan Spesialis Anak di Primaya Hospital Bekasi Utara, dr Tumpal Rajagukgu,k Sp.A, gejala Covid-19 pada anak cenderung sama, baik anak yang sudah divaksin maupun yang belum.

Sementara itu, gejala yang bisa muncul, seperti demam, batuk, gangguan pernapasan, sakit perut, nyeri sendi dan berkurangnya nafsu makan.

"Biasanya ada (anak positif Covid-19) tanpa menunjukan gejala, seperti kita sebut OTG (orang tanpa gejala)," kata Tumpal saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/2/2022).

Sementara itu, untuk gejala Covid-19 pada anak berdasarkan derajat keparahannya meliputi:

1. Ringan

2. Sedang

  • Mengalami gejala Covid-19 yang ringan
  • Napas cepat
  • Mengalami ronchi dan wheezing atau suara yang keluar saat bernapas tanpa disertai hypoxemia

3. Berat

  • Munculnya berbagai gejala Covid-19 sedang disertai desaturasi (oksigen kurang dari 90 persen)
  • Terjadinya napas cuping hebat
  • Mengalami sianosis atau jari tangan, kuku, dan bibir tampak berwarna kebiruan
  • Serta retraksi subcostal, yang terjadi karena adanya tarikan akibat tubuh berusaha lebih keras bernapas dan menyebabkan tulang dada atau rusuk tampak menonjol

"Pada kondisi kritis, (bisa terjadi) perburukan yang sangat cepat disertai gagal napas atau syok dan sering membutuhkan ruangan ICU," terang Tumpal.

Apabila anak mengalami gejala-gejala tersebut, dan memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19, Anda dapat langsung membawanya untuk melakukan tes Covid-19.

Risiko Covid-19 pada anak yang belum divaksin

Berkaitan dengan risiko Covid-19 pada anak yang belum divaksinasi Covid-19, menurut dia, tingkat kesembuhannya mungkin bisa lebih lama dibandingkan mereka yang sudah divaksin.

"Seperti kita ketahui, biasanya (anak) yang sudah divaksin mempunyai gejala ringan atau jarang menunjukkan gejala keparahan, seperti masuk perawatan intensif. Dan kesembuhan lebih cepat dibanding yang belum divaksin," imbuhnya.

Dokter Tumpal juga merekomendasikan bagi orangtua untuk memastikan berbagai hal jika anak positif Covid-19, diizinkan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman).

Sebab, tidak semua pasien anak yang terinfeksi virus corona diharuskan untuk dirawat di rumah sakit. Beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk merawat anak terinfeksi Covid-19 menurut dr Tumpal antara lain:

  • Memastikan anak mengonsumsi makanan bergizi, mengandung protein, serta dan vitamin yang cukup
  • Memastikan hidrasi tubuh yang baik dan stabilisasikan kebutuhan cairan tubuh dari peningkatan suhu tubuh dengan meminum air
  • Memastikan agar anak cukup istirahat
  • Selalu pantau saturasi oksigen anak. Artinya, orangtua tidak boleh terlambat memberi oksigen ketika saturasi oksigen anak sudah turun dibawah 90 persen
  • Mengonsumsi obat-obatan untuk meringankan gejala

Mencegah paparan virus corona pada anak

Selain orang dewasa, anak-anak juga rentan terkena Covid-19. Oleh karena itu, dr Tumpal membeberkan cara mencegah Covid-19 pada anak yang dapat dilakukan selama pandemi Covid-19, meliputi:

  1. Menjaga jarak atau social distancing, khususnya dari orang dicurigai telah terpapar Covid
  2. Selalu siapkan satu orang penjaga yang berdekatan dengan si kecil
  3. Selalu memakai masker dan juga cuci tangan, namun untuk anak berusia di bawah 2 tahun tidak disarankan menggunakan masker guna menghindari sesak
  4. Memakan makanan gizi seimbang dan multivitamin
  5. Berjemur di bawah sinar matahari matahari pada jam 10 pagi selama 10 menit
  6. Istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari

https://www.kompas.com/sains/read/2022/02/18/090000923/el-barack-anak-jessica-iskandar-positif-covid-19-ketahui-daftar-gejala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke