Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Terkini Guncang Nias Terasa hingga Padang dan Pasaman Barat

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,2 mengguncang wilayah Nias, Sumatera Utara terasa hingga Padang dan Pasaman Barat. Gempa terkini hari ini, terjadi pada pukul 07.50 WIB, Rabu (3/11/2021). 

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 0,91 derajat LU; 98,51 derajat BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 80 kilometer arah Timur Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Sumatera Utara pada kedalaman 60 kilometer.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Gempa tektonik di Nias yang guncangannya terasa hingga Padang ini terjadi akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

Bambang menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike slip fault). 

Kendati pusat lokasi gempa bumi tersebut berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, getaran akibat guncangan gempa Nias tersebut dirasakan di sejumlah wilayah dengan skala intensitas yang berbeda-beda.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias dengan skala intensitas II-III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Berikutnya, wilayah Gunung Sitoli, Padang dan Pasaman Barat juga merasakan getaran akibat guncangan gempa bumi ini dengan skala intensitas I-II MMI.

Umumnya, getaran gempa skala intensitas I-II MMI ini, getarannya dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," kata dia.

Hasil monitoring gempa hari ini BMKG  hingga pukul 08.20 WIB, Rabu (3/11/2021), belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan atau aftershock.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Namun, upayakan juga agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa Nias yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/03/091600923/gempa-terkini-guncang-nias-terasa-hingga-padang-dan-pasaman-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke