Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Video Pasangan Alami Gancet, Ketahui Penyebab Medis Penis Tersangkut di Vagina

Video viral yang diunggah 7 September 2021 kemarin ramai menjadi perbincangan, meski telah dinyatakan sebagai hoaks atau setingan sang konten kreator, untuk mengedukasi penontonnya.

Pasalnya, di tengah masyarakat, gancet seringkali dikaitkan dengan akibat atau azab dari perbuatan berhubungan intim di luar nikah.

Padahal, ada penjelasan secara medis mengapa gancet bisa terjadi.

Apa itu gancet? 

Gancet adalah salah satu manifestasi dari gangguan vaginismus. Gancet secara medis disebut dengan Penis captivus.

Sedangkan, masyarakat awam menyebutkan istilah gancet ini untuk merujuk pada kondisi, ketika organ intim pria tersangkut di dalam vagina saat sedang melakukan hubungan intim.

Vaginismus adalah kontraksi ketat  otot-otot vagina yang begitu kuat, yang mana pada dasarnya vagina menutup sendiri.

Ketika ini terjadi, seorang wanita mungkin tidak dapat melakukan hubungan seksual, dan membutuhkan pemeriksaan medis.

Melansir Healthline, penis captivus ini merupakan peristiwa yang sangat langka. Sehingga, hampir tidak ada penelitian atau bukti medis tentang kejadian tersebut.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada sama sekali laporan medis tentang kondisi ini.

Sejauh ini juga telah diketahui beberapa persoalan yang dianggap sebagai pemicu atau penyebab terjadinya gancet pada pasangan saat berhubungan intim. 

Penyebab gancet

Gancet atau penis captivus, terjadi karena adanya serangkaian peristiwa saat berhubungan seks tersebut.

Ada beberapa hal yang diketahui bisa menyebabkan terjadinya gancet pada pasangan saat berhubungan seks. Di antaranya seperti berikut:

1. Penis terisi darah

Penyebab gancet yang pertama adalah penis yang terisi dengan darah selama ereksi.

Peristiwa penis terisi darah ini dapat terjadi dan terus berlangsung hingga dalam ukuran sebelum orgasme.

2. Dinding vagina mengembang

Penyebab kedua yang diketahui bisa membuat pasangan mengalami captivus adalah, dinding vagina yang mengembang dan berkontraksi saat berhuubungan seks.

Dinding vagina, terbuat dari jaringan otot. Otot-otot di dalam vagina inilah yang kemungkinan sedikit berdenyut selama orgasme itu.

Sehingga, kadang-kadang otot-otot vagina berkontraksi lebih dari biasanya dan dapat mempersempit lubang vagina.

Alhasil, penyempitan ini bisa mencegah pria mengeluarkan penisnya, terutama jika penis tersebut masih membesar dan ereksi di dalam vagina.

Jika ini terjadi, penting bagi pasangan untuk tetap tenang. Jangan menarik paksa penis untuk keluar, karena justru semakin menyebabkan rasa sakit.

Biasanya ini tak akan terjadi dalam waktu lama, jadi cobalah untuk menenangkan diri dengan mengambil napas dalam untuk merilekskan otot-otot.

Jika penis tak kunjung lepas, segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Dalam kondisi ini, dokter kemungkinan akan memberi suntikan pelemas otot.

Jika ini sering terjadi sampaikan pada dokter untuk mencari penyebabnya, apakah itu vaginismus atau masalah aliran darah.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/08/190300323/viral-video-pasangan-alami-gancet-ketahui-penyebab-medis-penis-tersangkut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke