Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Kereta Api Diawali dari Penemuan Mesin Uap

KOMPAS.com - Kereta api termasuk transportasi yang paling disukai oleh sebagian orang karena kecepatannya mencapai daerah tujuan. Namun sejarah penemuan kereta api ternyata diawali dari penemuan mesin uap.

Kereta api menjadi salah satu penemuan yang mengubah dunia, terutama di bidang transportasi, yang memudahkan dan mempercepat perjalanan jarak jauh.

Ide dikembangkannya kereta api tersebut muncul ketika ilmuwan melihat mesin uap yang memompa air dan material ke atas dan ke bawah poros di daerah pertambangan.

Karenanya, muncul pemikiran seperti "pasti ada cara yang lebih baik" untuk melakukan hal tersebut.

Dilansir dari ABC, Rabu (1/9/2021), tercatat bahwa mesin uap ditemukan lebih dari 200 tahun yang lalu oleh Richard Trevithick.

Pemikiran Trevithick terkait mesin uap muncul karena ia pernah bekerja di pertambangan timah di Cornwell.

Selain itu, sebelum sejarah kereta api dimulai, dari sekitar akhir tahun 1780-an, gerobak produk dan barang diangkut di sepanjang rel dengan tenaga kuda.

Cara ini memang efektif, tetapi memiliki sisi negatif seperti lambat dan juga tergantung pada stamina dan kekuatan hewan.

Karenanya, Trevithick juga ingin merancang mesin yang mampu menggantikan tenaga kuda serta memungkinkan penambang untuk mengangkut gerobak yang lebih besar.

Pada tahun 1784, seorang insinyur dari Skotlandia, William Murdoch telah mengembangkan dan mendemonstrasikan model kereta uap dan pada tahun 1794 ia mendemonstrasikannya kepada Trevithick atas permintaannya.

Sejarah kereta api pun berkembang dimulai dari dasar pemikiran Trevitvhick tentang mesin uap yang terbentuk dari demonstrasi model kereta uap oleh Murdoch tersebut.

Barulah pada 21 Februari 1804, Trevithick berhasil menyelesaikan pembuatan mesinnya dan melakukan perjalanan perdananya.

Mesin itu mengangkut 10 ton besi dan 70 orang, menempuh jarak 10 mil dengan kecepatan 5 mph.

Penemuan itu merupakan kesuksesan besar dan memantik insinyur lain seperti Matthew Murray, William Hedley dan George Stephenson, untuk mengembangkan desain Trevithick dan membuat versi mesin uap mereka sendiri.

Mesin uap Catch Me Who Can, Salamanca, dan Puffing Billy adalah beberapa mesin uap pertama yang sukses.

Melalui penemuan tersebut, pada tahun 1829, kereta penumpang pertama di dunia, The Locomotion No. 1" berhasil diciptakan oleh Stephenson.

Keberhasilan ini membuat Stephenson dan anak-anaknya mendirikan bisnis dan terus memproduksi kereta penumpang pertama di Inggris, Eropa dan Amerika Serikat.

Membawa perubahan, setelah penemuan kereta penumpang tersebut, kereta api segera menjadi moda transportasi yang sangat berharga untuk barang dan penumpang.

Pada awalnya, orang berpikir bahwa perjalanan secepat itu akan membuat penumpang tidak dapat bernapas, atau bahwa getaran roda di rel akan membuat orang pingsan.

Tetapi pada tahun 1850-an, kereta api melaju dengan kecepatan 80 km/jam yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan terpikirkan. 

https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/02/090100823/sejarah-kereta-api-diawali-dari-penemuan-mesin-uap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke