Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali, Begini Ciri-ciri Sembuh dari Covid-19

Kapan selesai isolasi

Jika Anda terkonfirmasi positif Covid-19, Anda perlu tahu berapa lama Anda harus melakukan isolasi. Menurut pedoman dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, durasi isolasi akan bergantung pada gejala pasien seperti pemaparan berikut.

Sembuh dari Covid-19

Walaupun sudah selesai melakukan isolasi, sering kali pasien masih merasakan beberapa gejala lebih dari 10 hari. Kondisi ini dinamakan long covid. Kondisi ini membuat pasien bingung apakah sudah boleh keluar dari isolasi atau belum.

Gejala yang sering persisten dalam waktu yang lama pada pasien Covid-19 antara lain, mudah lelah, batuk, dan anosmia atau indra penciuman yang hilang.

Selain itu, jika kondisi Anda sudah stabil setelah beberapa hari tanpa bantuan suplai oksigen, berarti Anda sudah sehat dan sembuh dari Covid-19.

Pada pasien bergejala, benar-benar sembuh dari Covid-19 mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu.

Pasien dengan gejala sedang akan benar-benar sembuh dalam waktu 2 sampai 8 minggu. Sedangkan pasien dengan gejala lebih berat mungkin membutuhkan waktu lebih lama hingga 12 bulan.

Selain itu, gejala yang lebih berat seperti gangguan fungsi organ juga dilaporkan ditemukan pada pasien yang pernah terkonfirmasi positif covid. Kaitan antara infeksi virus SARS-CoV-2 dengan komplikasi jangka panjang masih belum diketahui.

Komplikasi setelah isolasi

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa gejala yang perlu diwaspadai untuk menentukan jika Anda telah sembuh dari Covid-19.

Pada akhirnya, penting untuk melakukan berbagai upaya untuk benar-benar sembuh dari Covid-19. Tidak hanya dengan menjaga asupan serta memperketat protokol kesehatan, namun juga dengan aktif bergerak sesuai kemampuan agak tubuh kembali sehat seperti sedia kala.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/02/120700923/kenali-begini-ciri-ciri-sembuh-dari-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke