Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Efek Kebanyakan Minum Kopi dan Berapa Batas Aman Minum Kopi

KOMPAS.com - Jika Anda tidak bisa menjalani hari tanpa kopi, tenang saja. Kopi memiliki segudang manfaat bagi tubuh Anda. Tapi ada pepatah bilang bahwa segala yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga kopi, jika Anda mengonsumsinya berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.

Berapa batas aman konsumsi kopi

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, batas aman kafein sehari adalah sekitar 400 miligram kafein. Ini setara dengan empat cangkir kopi. Ingat juga bahwa kafein terkandung pula di dalam minuman berenergi. Berhati-hati jika Anda meminumnya disamping kopi. 400 miligram kafein setara dengan dua botol minuman berenergi.

Khusus wanita yang berusaha hamil, sedang hamil, dan menyusui harus berkonsultasi dengan dokter untuk membatasi asupan kafein hariannya. Biasanya konsumsi kafein akan dibatasi tidak lebih dari 200 miligram sehari.

Meminum kopi lebih dari 3 cangkir sehari pada ibu hamil meningkatkan resiko keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah (BBLR).

Efek kebanyakan minum kopi

Setiap orang memberi respon yang berbeda terhadap kafein. Ini karena faktor genetik, umur, berat badan, dan kesehatan hati.

Terlalu banyak meminum kopi bisa menimbulkan efek yang kurang baik terhadap tubuh Anda. Gejala ringan yang mungkin pertama terjadi adalah berkeringat, mual, muntah, diare, dan cemas.

Anda mungkin mengalami sakit kepala, insomnia, jantung berdebar, mudah marah, buang air kecil terlalu banyak, atau otot tremor. Gejala ini biasanya bagi orang yang sudah terbiasa meminum banyak kopi.

Pada sebagian kecil orang yang tidak terbiasa minum kopi, minum kopi sedikit saja sudah bisa mengganggu Anda.Anda mungkin mengalami gangguan tidur.

Anda mungkin meminum kopi agar tidak mengantuk pada siang hari di kantor, namun jika dikonsumsi terlalu banyak, Anda juga bisa tetap terjaga di malam hari. Ini akan membuat pola tidur Anda berantakan dan Anda tidak akan merasa bugar saat bangun tidur.

Selain itu, konsumsi kafein pada orang dengan gangguan kesehatan mental seperti gangguan kecemasan dan bipolar, bisa memberparah manifesasi gangguannya.

Secara keseluruhan, orang yang tidak terbiasa meminum kopi akan lebih sensitif terhadap kafein dan efek yang ditimbulkan. Serta beberapa faktor yang mempengaruhinya. Anda bisa jadi sudah mengalami gejala kebanyakan minum kopi bahkan sejak cangkir pertama Anda.Dengarkan bagaimana respon tubuh Anda terhadap kafein.

Jika Anda tetap ingin mengonsumsi kopi namun sangat sensitif terhadap kafein, Anda bisa mencoba mengonsumsi kopi decaffeinated. Kopi ini hanya mengandung 8 miligram kafein dibandingkan kopi biasa yang bisa mengandung 85-100 miligram kafein per cangkir.

Perawatan

Jika terlanjur kebanyakan minum kopi, Anda perlu melakukan hal-hal berikut.
Pertama, hentikan asupan kafein. Jika Anda menginginkan kafein, coba untuk menggantinya dengan cemilan lain yang lebih aman. Contohnya Anda bisa mengonsumsi cokelat atau buah-buahan.

Kedua, minum air putih yang cukup. Kafein bersifat diuretik, artinya Anda akan sering buang air kecil. Anda harus menyeimbangkan dengan meminum asupan cairan yang cukup dan jangan sampai Anda mengalami dehidrasi.

Ketiga, beberapa orang yang terlalu banyak minum kopi akan merasakan kelebihan energi. Anda bisa menggunakan energi tersebut untuk berjalan kaki atau olahraga ringan.

Terakhir, jika Anda mengalami kecemasan, tarik napas dalam. Berlatih pernapasan dan teknik meditasi akan membantu meredakan efek kebanyakan minum kopi.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/12/073100923/efek-kebanyakan-minum-kopi-dan-berapa-batas-aman-minum-kopi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke