Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Petang Ini, Gerhana Bulan Penumbra Jelas Tampak dari Langit Indonesia Bagian Timur

KOMPAS.com - Mengakhiri November 2020, bulan pada hari ini, Senin (30/11/2020), akan mengalami dua fenomena yang menarik untuk diamati, salah satunya gerhana bulan.

Berdasarkan keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), kedua fenomena langit yang akan terjadi dari siang hingga malam nanti adalah gerhana bulan penumbra parsial dan fase bulan purnama.

1. Gerhana bulan penumbra parsial

Gerhana bulan penumbra parsial hari ini akan dimulai sejak pukul 14.29 WIB hingga pukul 18.55 WIB, yaitu terjadi selama 4 jam 25 menit 52 detik.

Wilayah Indonesia seperti Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua ditambah dengan Timor Leste akan dapat menyaksikan seluruh fase gerhana ini, mulai dari kontak awal, puncak gerhana bulan, hingga kontak akhir.

Sementara itu, wilayah Indonesia sisanya hanya dapat menyaksikan bulan yang sudah tidak tertutup bayangan penumbra secara maksimal.

Hal itu dikarenakan puncak gerhana terjadi sebelum bulan terbit. Sehingga, secara umum, gerhana bulan penumbra parsial ini dapat diamati dari arah timur-timur laut.

Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo, menjelaskan, secara teoretis gerhana bulan penumbra (GBP) ini dapat diamati dari seluruh wilayah di Indonesia bersamaan dengan bulan mulai terbit di langit timur. 

"Sehingga, durasi ketampakan gerhananya relatif singkat,"  kata Marufin kepada Kompas.com, Sabtu (31/10/2020).

Namun, Marufn mengatakan bahwa gerhana bulan ini sangat sulit dibedakan dengan bulan purnama biasa jika tidak memakai alat bantu optik.

"Dengan teleskop, baru dapat diidentifikasi bagian paras bulan yang menggelap sedikit karena gerhana,"  jelasnya.

2. Fase bulan purnama

Puncak bulan purnama kali ini terjadi pada tanggal 30 November 2020, tepatnya pukul 16. 29 WIB, beberapa menit sebelum puncak gerhana bulan penumbra parsial terjadi.

Bagi wilayah Indonesia timur, puncak purnama akan beriringan dengan terbit bulan. Sementara itu, bagi wilayah Indonesia barat dan tengah, puncak purnama terjadi sebelum terbit bulan.

Sehingga, bulan akan terbit di arah timur-timur laut, berkulminasi di arah utara sekitar tengah malam dan terbenam keesokan harinya di arah barat-barat laut.

Bulan purnama kali ini juga dinamakan dengan Bulan Embun Penuh atau Full Frost Moon. Penamaan ini karena di bulan ini, embun beku mulai terbentuk sebagai pertanda masuknya awal musim dingin di belahan bumi utara.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/11/30/180100223/mulai-petang-ini-gerhana-bulan-penumbra-jelas-tampak-dari-langit-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke