Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fenomena Tripel Konjungsi, Bikin Merkurius Terlihat Paling Terang Fajar Ini

KOMPAS.com- Menyusul kondisi fase bulan baru yang juga hadir hari ini, Minggu (15/11/2020), fenomena konjungsi atau kesejajaran antar tiga benda langit juga akan terjadi mulai malam ini.

Fenomena tersebut adalah konjungsi atau kesejajaran Merkurius-Venus dan Spica.

Setelah mengalami kuratet dengan Bulan selama tiga hari berturut-turut, Spica, bintang paling terang di konstelasi Virgo akan kembali mengalami tripel konjungsi dengan Venus dan Merkurius.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam keterangan resminya menyebutkan bahwa tripel konjungsi Merkurius-Venus-Spica ini, akan berlangsung selama lima hari yaitu sejak tanggal 15 sampai 20 November 2020.

Pada hari ketiga yaitu tanggal 17 November nanti merupakan puncak dari konjungsi Venus dan Spica.

Pada puncaknya ini, sudut pisah keduanya yaitu 3,8 derajat sebelum akhirnya Spica menjauh dari Venus dan semakin menjauh pula dari Merkurius.

Jika Anda ingin mengamati konjungsi antar ketiga benda langit ini, Anda dapat mengamatinya sejak pukul 04.45 WIB dari arah Timur-Menenggara.

Peneliti dari Pusat Sains dan Antariksa (Pussainsa) Lapan, Andi Pangurang mengatakan, penampakan magnitudo Venus bervariasi antara -394 hingga -3,93 dan jaraknya adalah 201 juta kilometer hingga 205 juta kilometer dari Bumi.

"Sedangkan, magnitudo Spica relatif konstan di angka +0,95. Spica sendiri berjarak 249,75 tahun cahaya atau sekitar 250 triliun km dari Bumi, sehingga konjungsi kali ini adalah konjungsi secara visual," jelas Andi.

Adanya fenomena triple konjungsi Merkurius-Venus-Spica ini jugalah menjadi salah satu penyebab planet Merkurius penampakannya menjadi lebih terang sepanjang periode bulan November 2020 ini. 

Tentunya, pengamatan bisa berjalan dengan baik jika cuaca cerah, wilayah tempat Anda melakukan pengamatan bebas dari polusi cahaya dan penghalang yang dapat menghalangi medan pandang.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/11/15/190400423/fenomena-tripel-konjungsi-bikin-merkurius-terlihat-paling-terang-fajar-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke