Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dinosaurus Bersayap Mirip Kalkun, Fosil Pterosaurus Kecil Ditemukan

KOMPAS.com - Potongan fosil dinosaurus dari spesies pterosaurus ditemukan tim paleontologi dari universitas Portsmouth dan Bath.

Para ahli cukup terkejut dengan penemuan tersebut, pasalnya, fosil tersebut memiliki tekstur tulang yang tidak biasa, yang hanya dimiliki spesies pterosaurus.

Melansir Science Daily, Jumat (16/1/2020), para ahli menyadari potongan fosil tersebut adalah sepotong paruh yang panjang, ramping dan tidak bergigi. Awalnya, potongan fosil tersebut diasumsikan sebagai bagian dari tulang sirip ikan.

Profesor David Martill dari University of Portsmouth mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat pterosaurus sekecil itu sebelumnya.

"Bentuk paruhnya aneh sangat unik, pada awalnya fosil tidak dikenali sebagai seekor pterosaurus (reptil bersayap zaman dinosaurus), " tutur David.

Tim selanjutnya melakukan pencarian secara hati-hati pada lapisan akhir Cretaceous Kem Kem di Maroko, di mana tulang istimewa ini ditemukan, untuk menyingkap lebih dalam tentang fosil dari hewan tersebut.

Akhirnya, dari analisis tersebut membuat tim menyimpulkan bahwa itu adalah spesies baru dengan paruh panjang kurus, seperti Kiwi.

"Menemukan rahang bawah yang cocok dengan rahang atas yang ditemukan oleh Dr Longrich dari fosil yang benar-benar unik ini," tutur Roy Smith, mahasiswa PhD University of Portsmouth, penulis utama penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Cretaceous Research.

Spesies baru, Leptostomia begaaensis, menggunakan paruhnya untuk menyelidiki kotoran dan lumpur untuk mangsa yang tersembunyi, berburu seperti sandpiper masa kini untuk menemukan cacing, krustasea, dan bahkan mungkin kerang kecil berkulit keras.

Dinosaurus bersayap tak terkenal

Lebih dari 100 spesies reptil bersayap ini telah diketahui, beberapa berukuran sebesar jet tempur dan lainnya berukuran kecil seperti burung pipit. Pterosaurus adalah sepupu dinosaurus yang kurang terkenal.

"Pola makan dan strategi berburu pterosaurus beragam, mereka kemungkinan besar memakan daging, ikan dan serangga," kata Profesor Martill.

Sekarang, kata Profesor Martill, potongan fosil pterosaurus kecil yang luar biasa ini menunjukkan gaya hidup yang sebelumnya tidak diketahui oleh pterosaurus.

Para ilmuwan menggunakan pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) untuk mengungkapkan jaringan kanal internal yang luar biasa untuk saraf yang membantu mendeteksi mangsa di bawah tanah.

Dr Nick Longrich, dari Milner Center for Evolution di University of Bath, mengatakan Leptostomia mungkin sebenarnya adalah pterosaurus yang cukup umum.

"Tapi sangat aneh, karena orang mungkin telah menemukan potongan-potongan binatang ini selama bertahun-tahun, tetapi kami tidak menemukannya. tidak tahu apa itu sampai sekarang," kata Dr Longrich.

Paruh yang panjang dan ramping berevolusi pada banyak burung modern dan yang paling mirip dengan Leptostomia adalah burung yang penyelidik seperti sandpiper, kiwi, curlews, ibises dan hoopoes.

"Anda mungkin menganggap pterosaurus meniru strategi yang berhasil digunakan oleh burung modern, tetapi pterosaurus-lah yang lebih dulu sampai di sana," kata Dr Longrich.

Dr Longrich menyarankan spesies baru ini menunjukkan bagaimana, lebih dari satu abad setelah pterosaurus pertama kali ditemukan, masih banyak yang harus dipelajari tentang mereka.

Peneliti meremehkan keanekaragaman pterosaurus karena rekaman fosil memberikan gambaran yang bias.

"Fosil Pterosaurus biasanya terawetkan di lingkungan berair  laut, danau, dan laguna, karena air membawa sedimen untuk mengubur tulang," tutur peneliti.

Pterosaurus yang terbang di atas air untuk berburu ikan cenderung jatuh dan mati, jadi mereka umum sebagai fosil. Sedangkan spesies lain yang berburu di sepanjang tepian air akan semakin jarang terawetkan, dan banyak dari habitat pedalaman mungkin tidak pernah melestarikan sebagai fosil sama sekali.

Seiring waktu, semakin banyak spesies reptil bersayap dari zaman dinosaurus yang ditemukan  dengan gaya hidup yang beragam. Tren tersebut memiliki hubungan pterosaurus baru, kemungkinan hal ini akan berlanjut.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/10/16/200200023/dinosaurus-bersayap-mirip-kalkun-fosil-pterosaurus-kecil-ditemukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke