Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Warna dan Desain 2024, Semangat Optimisme

Kompas.com - 18/11/2023, 20:51 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun 2024 tak lama lagi menjelang. Namun, sejumalh perusahaan cat telah mengeluarkan panduan warna dan desain yang akan menjadi acuan.

Salah satunya yang dikeluarkan oleh Nippon Paint. Perusahaan ini mengangkat tema awaken yang diartikan sebagai gerakan kolektif untuk membantu masyarakat siap menemukan kekuatan, ketenangan, keindahan, serta semangat berekspresi.

General Manager (TU Division) Nippon Paint Mark Lieuw mengatakan, melalui awaken, babak baru dimulai dengan menemukan kembali ketenangan, keindahan dalam harmoni, kekuatan dalam pembaharuan, dan kegembiraan dalam diri.

Baca juga: Pastel yang Mengundang, Tren Warna 2023

"Nippon Paint mendorong Anda untuk memulai hari baru dan melangkah maju dengan penuh optimisme," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/11/2023).

Awaken merupakan kelanjutan dari reset yang sebelumnya merupakan tema Trend Beyond Colours 2022/23. Tema ini berakar dari keinginan untuk memulai kembali setelah pandemi, berusaha memasuki fase baru dalam hidup.

Sedangkan awaken bertujuan untuk memperkenalkan perspektif baru dan menciptakan pengalaman yang bebas dari pasca pandemi.

Seperti diungkapkan oleh Principal Designer Suasana Studio Aghnia Fuad bahwa pada tahun 2024 tren warna interior semarak dengan suasana optimisme, hangat, suka cita dan ketenangan.

"Warna hangat dan membumi seperti warna krem, kuning kecoklatan, merah tanah dengan sentuhan kuning tua, hijau, dan biru akan meramaikan tahun 2024- 2025," tuturnya.

Baca juga: Ini Tren Warna Rumah 2022, Terinspirasi dari Alam

Trend Beyond Colours sebagai tren warna global merupakan hasil kolaborasi antara Nippon Paint dengan Colour Hive, agensi kreatif yang berpusat di London, Inggris, dengan pengalaman 20 tahun dalam memprediksi tren, warna, dan material.

Tren ini dipersembahkan untuk menjadi inspirasi bagi pemilik rumah serta para profesional seperti desainer interior, arsitek, dan developer.

Dalam Tren Beyond Colors 2024/25 dengan tema awaken terdapat empat sub-tema, yaitu:

Find Calm-Waktu Tenang: Warna utama Tavern Buff

Dalam dunia yang penuh kesibukan dan perubahan, setiap individu mencari lingkungan yang tenang untuk melepaskan diri dari kebisingan dan menemukan inner peace.

Warna Tavern Buff yang netral dan lembut, menciptakan suasana hangat yang dapat menenangkan jiwa.

Find Freedom-Mengekspresikan Diri: Warna utama Mayan Yellow

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com