Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2022, 13:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Foyer merupakan salah satu area di rumah yang terletak setelah pintu masuk depan dan sebelum ruang tamu.

Dalam desain rumah kekinian, area foyer sudah jarang ditemui. Namun ternyata kehadiran area ini memberikan banyak manfaat bagi penghuni rumah.

Salah satu manfaat utama dari foyer adalah sebagai area transisi. Bayangkan ketika Anda tiba di rumah dengan keadaan basah kuyup karena hujan.

Baca juga: Tahukah Anda Apa Itu Foyer dan Bagaimana Fungsinya?

Tentu Anda membutuhkan tempat singgah untuk membersihkan diri sebelum akhirnya memasuki area ruang tamu.

Foyer juga merupakan area yang tepat untuk menyambut tamu masuk ke dalam rumah. Bila tamu Anda membawa banyak belanjaan, mereka bisa menyimpannya di area foyer tanpa risiko terkena hujan atau hilang.

Sebagai pemilik rumah, Anda bisa memanfaatkan foyer sebagai area penyimpanan. Misalnya untuk meletakan sepatu, mantel hujan, helm bahkan payung.

Tatalah area foyer dengan rapi. Karena itu, letakanlah barang-barang yang fungsional, misalnya rak sepatu, bangku, tempat payung, tempat helm, serta gantungan baju.

Anda juga bisa meletakan cermin kecil agar membantu tamu yang ingin merapikan diri tanpa perlu ke kamar mandi lagi.

Agar area foyer Anda terasa lebih nyaman, pakailah karpet. Tak hanya memberikan kesan hangat, karpet juga memberikan pijakan yang nyaman bagi kaki.

Jangan lupa berikan pencahayaan yang cukup serta cat dinding dengan warna cerah sehingga tamu yang datang merasa disambut.

Penting untuk diingat bahwa foyer merupakan pengenalan pertama sebelum masuk ke area utama rumah. Jadi berilah kesan pertama yang baik sama pentingnya dengan bagian eksterior rumah.

Baca juga: Jenis Lampu yang Bisa Digunakan untuk Mempercantik Area Foyer

Foyer mungkin tampak seperti ruang opsional, tetapi ini sangat penting untuk keseluruhan suasana di rumah.

 

Dari perspektif Feng Shui, ketika beralih dari dunia luar ke rumah kita, kita cenderung mengeluarkan energi yang berbeda.

Kita cenderung memiliki lebih banyak Yang atau energi luar ketika kita berada di tengah-tengah masyarakat. Sedangkan saat kembali ke rumah, kita lebih menonjolkan Yin.

Foyer adalah ruang masuk untuk menciptakan peluang bagi energi untuk bertransisi, membantu kita berhenti sejenak dari hiruk pikuk dunia luar dan kembali tenang untuk masuk ke rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com