Kompas.com - 26/06/2022, 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menjadi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang menguasai 51 persen pangsa pasar jalan tol operasional di Indonesia.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, perseroan telah mengoperasikan 1.260 kilometer jalan tol di Tanah Air hingga Juni tahun 2022.

“Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Jasa Marga hingga saat ini telah mencapai 1.809 kilometer di seluruh Indonesia,” ucap Lisye dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (24/6/2022).

Total panjang konsesi jalan tol tersebut meliputi penambahan konsesi Jalan Tol Gedebage-Cilacap sepanjang 206,5 kilometer di awal Januari tahun ini.

Pada awal 2022, Jasa Marga menambah jalan tol operasi dengan pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,42 kilometer.

Baca juga: Meroket 222 Persen, Jasa Marga Raup Laba Bersih Rp 1,62 triliun

Adapun sepanjang tahun 2021, perusahaan berhasil mencatat kenaikan laba bersih sebesar Rp 1,62 triliun.

Jumlah tersebut meroket 222,4 persen bila dibandingkan dengan capaian perseroan tahun 2020.

Kemampuan Jasa Marga dalam mempertahankan kinerja positif ini juga tercermin dari pertumbuhan Pendapatan Usaha sebesar Rp 11,78 triliun, atau naik sebesar 22,8 persen jika dibandingkan dengan tahun 2020.

Pendapatan usaha ini berasal dari kontribusi dua sektor. Pertama, dari Pendapatan Tol sebesar Rp 10,79 triliun atau naik sebesar 23,1 persen dibandingkan dengan tahun 2020.

Selanjutnya dari sumber Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp 990,07 miliar. Jumlah ini naik sebesar 20 persen bila dibandingkan dengan tahun 2020.

Terlebih kondisi pandemi Covid-19 yang berangsur pulih serta adanya peningkatan volume lalu lintas (lalin) yang sudah jauh lebih baik.

“Sebagai market leader di industri jalan tol Indonesia, kami optimistis kinerja ini dapat meningkat tahun 2022,” pungkas Lisye.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.