Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Anda Perlu Memiliki Alat Pemadam Api di Rumah?

Kompas.com - 09/05/2022, 18:51 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat pemadam api atau Fire Extinguisher merupakan salah satu alat yang bisa digunakan dalam proteksi kebakaran di rumah Anda.

Kehadiran alat ini, bisa membantu Anda memadamkan api sebelum menyebar lebih luas ke seluruh bagian rumah.

Alat pemadam kebakaran mungkin terlihat sepele tapi penting dalam rencana evakuasi kebakaran rumah.

Namum jangan pernah berpikir untuk membeli alat pemadam kebakaran sampai Anda memiliki detektor asap yang berfungsi dan rencana evakuasi kebakaran rumah yang matang.

Baca juga: Bisakah Gempa Mengakibatkan Kebakaran Rumah?

Seperti dikutip dari laman Medical Center University of Rochester, bila terjadi kebakaran di rumah Anda dan ingin menggunakan alat pemadam api, pastikan semua orang telah meninggalkan rumah dan seseorang telah menghubungi pemadam kebakaran.

Jika kondisi tersebut telah terpenuhi, Anda bisa mengambil alat pemadam api dan mulai memadamkan api di tempat yang mudah dijangkau.

Berhati-hatilah dan selalu pastikan bahwa bagian punggung Anda selalu mengarah ke pintu keluar dengan aman.

Pastikan juga bahwa api yang akan Anda padamkan terbatas pada satu area. Jika mulai menyebar ke area lain, seperti dinding dan gorden, mundurlah perlaan dari ruangan karena ada kemungkinan api bisa mengelilingi Anda.

Waspada juga terhadap serangan asap. Jika ruangan mulai terisi hingga Anda tidak dapat melihat atau mulai kesulitas bernapas, Anda harus mundur.

Penggunaan alat pemadam kebakaran rumah dengan cepat dapat memadamkan api kecil sebelum menyebar. Namun alat pemadam kebakaran bisa berbahaya bila ada di tangan orang yang tidak berpengalaman.

Jika Anda mencoba memadamkan api yang besar atau menyebar dengan cepat dengan alat pemadam tidak ada gunanya dan dapat membuat Anda terjebak di gedung yang terbakar.

Baca juga: Dilengkapi Alat Pemadam Kebakaran, Rusun Pegawai Kejati Habiskan Rp 11 Miliar

Api yang berasal dari kebakaran minyak di dapur juga sangat berbahaya. Jika dideteksi lebih awal, Anda mungkin bisa memadamkannya.

Tetapi jika api minyak menjadi tidak terkendali, itu dapat dengan mudah membuat dapur terbakar dalam waktu tiga setengah menit, hanya menyisakan sedikit waktu untuk melarikan diri.

Jadi jika Anda memutuskan untuk membeli alat pemadam kebakaran, luangkan waktu untuk belajar sedikit tentang penggunaan yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com