Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Trik Pencahayaan Interior Ruangan untuk Anak

Kompas.com - 13/01/2022, 09:21 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Arch Daily


KOMPAS.com – Dalam melakukan desain interior, pencahayaan ruangan sering dianggap tidak terlalu penting selain untuk fungsi estetika.

Dilansir dari Arch Daily, Kamis (13/1/2022), para ahli mengatakan bahwa pemberian pencahayaan yang tepat pada rumah mampu meningkatkan kenyamanan ruang interior.

Selain itu, pencahayaan yang baik juga bisa menambahkan nilai fungsional serta lingkungan dengan efek yang besar.

Baca juga: Orang Tua, Tips Cerdas Ini Bisa Diterapkan untuk Dekorasi Kamar Anak

Terlebih, sistem pencahayaan rupanya dapat berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pada bangunan secara menyeluruh.

Oleh karena itu, faktor pencahayaan menjadi penting untuk diperhatikan, terutama pada ruangan yang digunakan untuk anak. Ini bisa menunjang kegiatan bermain, belajar dan istirahat mereka.

Untuk itu, berikut Kompas.com rangkum 3 trik pencahayaan interior ruangan untuk anak.

Lokasi dan jenis lampu

Penempatan lampu ruangan menjadi trik pertama untuk memberikan pencahayaan yang baik. Hal ini sama pentingnya dengan mengetahui jumlah dan warna cahaya lampu.

Misalnya untuk kamar tidur anak, lokasi lampu yang ideal adalah dengan menempatkannya di pusat langsung dengan warna cahaya yang hangat untuk menunjang kualitas istirahat.

Tidak hanya itu, jumlah lampu juga harus diperhitungkan karena kebutuhan pencahayaan anak sangat berbeda dengan orang dewasa.

Sebagai contoh, ruangan anak direkomendasikan agar menggunakan pencahayaan ganda dengan cahaya lembut yang selalu menyala untuk mengurangi rasa tidak aman atau ketakutan pada kegelapan bagi anak.

Contoh lain, menggunakan tambahan lampu dengan cahaya putih dan dingin di meja belajar anak agar mendorong fokus serta konsentrasi mereka.

Sedangkan untuk menambah keamanan pencahayaan pada ruangan anak, terdapat beberapa opsi yang bisa dipertimbangkan, seperti memilih perlengkapan lampu yang terbuat dari bahan alami dan produk yang dicat serta dipernis menggunakan bahan tidak beracun.

Peredup

Lampu yang dilengkapi dengan kemampuan dimmer atau peredup sangat bermanfaat untuk menciptakan lingkungan ramah anak karena dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan apapun.

Salah satu contoh adalah ruangan untuk bayi yang membutuhkan pencahayaan yang harus terus menyala.

Teknologi peredup dapat membantu orang tua untuk menyusui atau berkegiatan di ruangan tersebut tanpa harus mengganggu jam tidur bayi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com