Semakin Diminati, Ini Strategi Digital agar Hotel Terus Dilirik Tamu

Kompas.com - 05/01/2022, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 memberikan banyak dampak, salah satunya adalah meningkatnya kesadaran masyarakat global terhadap masalah lingkungan.

Dilansir dari 4hoteliers, Rabu (5/1/2022), penelitian oleh Booking.com, perusahaan agen perjalanan, menemukan hasil bahwa seiring kembali dibukanya jalur perjalanan, para pelancong semakin sadar untuk mencari segala hal yang berkelanjutan.

Artinya, terdapat perubahan minat dan ketertarikan pada fasilitas yang akan digunakan, seperti hotel berkonsep ramah lingkungan.

Baca juga: Ingin Menginap di Hotel? Ini Aturan Baru PPKM Level 1-3 Jawa dan Bali

Senada dengan hasil penelitian tersebut, Travalyst memaparkan data, sebesar 71 persen pelancong global berpikir perusahaan perjalanan harus menawarkan opsi perjalanan yang lebih berkelanjutan.

Oleh karena itu, pengelola hotel yang telah berkomitmen menerapkan konsep ramah lingkungan atau berkelanjutan, harus mencari cara untuk menonjolkan properti mereka agar dilirik calon pelanggan.

Adapun strategi yang dimaksud dalam hal ini bisa dengan memanfaatkan teknologi pencarian online seperti Google dan platform perjalanan online.

Berikut langkah-langkahnya:

Google

Di Google, hotel berkelanjutan akan disorot dengan ikon daun hijau. Tetapi ini khusus pada hotel yang telah diberikan sertifikasi kelestarian lingkungan oleh salah satu dari 29 entitas atau standar yang diakui.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendapatkan sertifikasi ramah lingkungan dari salah satu entitas yang diterima oleh Google.

Kemudian, pengelola hotel harus membuka profil Google Bisnisku dan memasukkan Informasi > Atribut Hotel dan menemukan bagian Keberlanjutan dan Sertifikasi Lingkungan untuk mendaftarkan praktik dan sertifikasi hotel berkelanjutan yang sedang dikelola.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber 4hoteliers
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.