Atap Singapore National Stadium Berteknologi "Retractable", Seperti Apa Kecanggihannya?

Kompas.com - 30/12/2021, 08:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - National Stadium Singapore, Kallang, Singapura, menjadi saksi bisu kekalahan Timnas Indonesia dari Thailand dengan skor 0-4 pada laga leg pertama, Rabu (29/12/2021).

Stadion yang bisa menampung 55.000 penonton ini memiliki fitur atap yang unik yakni dapat dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan.

Teknologi ini dikenal sebagai Retractable Roof, di mana dengan menerapkan sistem ini maka bagian atap yang awalnya tertutup menjadi terbuka. Atap seperti ini juga dikenal sebagai skylight roof.

Baca juga: Menilik Venue Final AFF 2020, Stadion dengan Kubah Terbesar di Dunia

Tak hanya di stadion, teknologi atap ini ternyata bisa juga digunakan di restoran, bar, arena renang, bahkan rumah tinggal.

Teknologi atap ini sudah ada sejak tahun 1963 dan telah hak patennya dipegang oleh pendiri Rollamatic Retractable Roofs, David S Miller

Berdasarkan catatan dari Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO), David menunjukkan mengajukan Paten AS 3.277.619 pada Agustus 1963. 

Paten diajukan untuk bagian atap yang dapat dipindahkan dan dikendalikan dari jarak jauh untuk penggunaan di rumah dan jenis bangunan lainnya.

Secara arsitektur, bentuk dan bahan Retractable Roof sangat bervariasi padaa setiap stadion. Misalnya, American Family Field memiliki atap berbentuk kipas.

Sementara itu, Stadion Toyota di Jepang memiliki atap seperti akordeon. Sebagian besar atap jenis ini terbuat dari logam. Namun atap Stadion State Farm terbuat dari kain tahan air.

Kehadiran atap ini akan memungkinkan berlangsungnya pertandingan olahraga luar ruangan dalam kondisi yang lebih menguntungkan serta kenyamanan penonton menonton pertandingan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.